Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Bone Bolango Kerja Sama Dengan Pegadaian

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) untuk mengoptimalkan penyaluran pembiayaan ultra mikro (UMi).
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  22:39 WIB
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) untuk mengoptimalkan penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Sekretaris Daerah Gorontalo Darda Daraba menyambut positif kerja sama tersebut. Dia mengatakan bahwa, Bone Bolango merupakan daerah pertama di Indonesia yang melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam rangka pembiayaan UMi.

“Hal ini merupakan awal yang luar biasa untuk pertumbuhan ekonomi di Gorontalo,” katanya dikutip dari siaran pers, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, peran serta Koprerasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar strategis dalam perekonomian. Adanya pembiayaan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkan lapangan kerja.

Dia menuturkan, pembiayaan kepada UMKM memang bukan barang baru. Pembiayaan serupa dari perbankan juga sudah ada sebelumnya. Namun pedagang kecil tetap sulit mendapatkan pembiayaan atau modal guna mengembangkan usaha.

“Saya berharap, setelah dilaksanakan penandatangan kerjasama ini bisa membuka akses kepada seluruh masyarakat, apalagi fasilitas program pembiayaan UMi yang mudah dan murah sehingga masyarakat bisa terbantu dan bisa menambah jumlah wirausaha baru,” katanya.

Pembiayaan UMi adalah pembiayaan bagi bagi pelaku UKM dengan plafon maksimal Rp10 juta dari Pengadaian. Pembiayaan dalam bentuk kredit lunak ini merupakan alternatif untuk para pelaku UMKM yang tidak mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR).

Hingga saat ini, pembiayaan UMi di Gorontalo telah menjangkau 273 debitur dengan total penyaluran lebih dari Rp1,89 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo pegadaian
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top