Bapppeda Gorontalo Canangkan Kawasan Wisata Geopark

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo mencanangkan Gorontalo sebagai kawasan wisata geopark berkelas dunia.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  19:20 WIB
Bapppeda Gorontalo Canangkan Kawasan Wisata Geopark
Ilustrasi-Wisatawan melintas di Puncak Darma, kawasan Geopark Ciletuh di Palabuhanratu, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (9/5). - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MANADO—Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo mencanangkan Gorontalo sebagai kawasan wisata geopark berkelas dunia.

Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki mengatakan bahwa geopark Gorontalo didukung oleh posisi bio-region yang berada di kawasan Wallacea yang memiliki keragaman flora fauna. Menurutnya, proses pembentukan geologi dan kekayaan budaya juga menjadi potensi utama.

“Kami berharap Gorontalo bisa belajar dari daerah lain dan segera memiliki geopark setelah ada kajiannya,” katanya dikutip dari siaran pers, Kamis (27/6/2019).

Dia menturkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melakukan kunjungan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi untuk mempelajari pengembangan wisata itu. Kunjungan itu merupakan pendahuluan pengembangan geopark gorontalo oleh peneliti Jepang.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Geologi Pertamabangan Umum dan Panas Bumi Bappenas Togu Pardede mengatakan bahwa provinsi gorontalo memiliki potensi yang layak untuk pengembangan kawasan geopark wisata.

Dia menjelaskan, warisan geologi yang akan dijadikan geopark ini setidaknya memiliki 3 keanekaragaman, yakni keanekaragaman geologi atau geodiversity, keanekaragaman hayati atau biodiversity, dan keanekeragaman budaya atau cultural diversity.

“Adapun, dalam pengembangannya nanti, kawasan geopark ini harus melalui empat tahapan, yakni penetapan warisan geologi, perencanaan, penetapan status, dan pengelolaannya,” katanya.

Sementara itu, Pakar Geologi Heryadi Rachmat menambahkan, untuk mengembangkan potensi pengembangan pariwisata yang ada Pemprov Gorontalo harus memperhatikan tiga pilar utama, yakni konservasi, edukasi, dan ekonomi masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gorontalo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top