OJK Sulampua Dorong Pertumbuhan Bank Wakaf Mikro di Sulsel

Ada satu bank wakaf mikro di Sulampua yakni di Pesantren Ummul Mukminin di Kecamatan Biringkanaya yang diresmikan pada Ramadan lalu.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  15:27 WIB
OJK Sulampua Dorong Pertumbuhan Bank Wakaf Mikro di Sulsel
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan saat pertemuan dengan pengurus dan nasabah Bank Wakaf Mikro di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/3/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua berupaya untuk terus mendorong kehadiran Bank Wakaf Mikro di wilayah Sulawesi Selatan. Kepala OJK Sulampua Zulmi mengatakan, saat ini memang baru ada satu Bank Wakaf Mikro di Sulsel.

Melihat pertumbuhannya yang cukup progresif, bersama Pemerintah Provinsi Sulsel Bank Wakaf Mikro berencana akan kembali dibuka di 24 kabupaten/kota secara bertahap. Kehadiran bank tersebut dinilai berperan penting, utamanya bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kita memang baru punya satu di Pesantren Ummul Mukminin di Kecamatan Biringkanaya yang diresmikan pada Ramadan lalu. Itu sudah berkembang sangat baik," kata Zulmi, Selasa (18/6/2019).

Diungkapkan Zulmi, keberadaan Bank Wakaf Mikro tersebut mampu menyasar masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Di mana mayoritasnya merupakan pelaku UMKM yang bisa melakukan pinjaman tanpa bunga.

Beberapa pelaku UMKM yang telah memanfaatkan layanan itu kata Zulmi, bahkan sudah mampu mengembangkan usahanya dengan maksimal. Apalagi untuk pembayaran pinjaman bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang.

"Dalam waktu dekat kami berencana akan menambah lagi di Kota Makassar. Jika progres signifikan, akan menyusul pembukaan di kabupaten lainnya," katanya.

Pembahasan ini sudah dilakukan bersama pihak Pemprov Sulsel dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Zulmi menyatakan, kedua pihak tersebut menunjukkan respons yang positif. Sebelumnya pertemuan juga sudah dilakukan bersama Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Pak Wakil Gubernur mengatakan, yang terpenting bagaimana pelibatan para pelaku UMKM. Diharapkan dengan keterlibatan mereka juga bisa meningkatkan kualitas produk mereka," jelas Zulmi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bank Wakaf Mikro

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top