Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulut Gelar Rakor Pengendalian Pemenafaatan Ruang

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menata kembali pengendalian pemanfaatan ruang untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.
Ilustrasi: Kantor Gubernur Sulut/Antara
Ilustrasi: Kantor Gubernur Sulut/Antara

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menata kembali pengendalian pemanfaatan ruang untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.

Pembahasan tersebut dituangkan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang yang dihadiri Perwakilan Kementrian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan Pemenerintah Kabupaten Minahasa.

Kepala Bappeda Ricky Toemandoek mengapresiasi sekaligus mendukung penyelenggaraan Rakor tersebut. Menuruntya, hal ini merupakan langkah responsif dari Kementerian ATR/BPN untuk mengoptimalkan penataan ruang di Sulut.

"Kegiatan ini menjawab tuntutan dan tanggung jawab untuk senantiasa menghadirkan program dan agenda kerja strategis yang dapat diimplementasikan dalam proses mewujudkan Rencana Tata Ruang Wilayah daerah dan nasional," katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, Sulut merupakan daerah yang memiliki berbagai potensi dan kekayaan alam melimpah. Oleh karena itu, segenap komponen pemerintah kabupaten/kota dan lembaga terkait lainnya harus mampu mengelola penataan ruang secara nasional.

"Pemerintah daerah dan stakeholders pembangunan diharapkan mampu mengelola penataan ruang secara optimal, karena dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional yang telah ditetapkan, terdapat Tiga Kawasan Strategis Nasional di Sulut yang menjadi prioritas dalam penataan ruang nasional,” jelasnya.

Ketiga daerah yang termasuk ke dalam Kawasan Strategi Nasional (KSN) adaah KSN Perbatasan Laut, KSN Kawasan Ekonomi Terpadu Manado-Bitung, dan KSN Konservasi dan Wisata Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler