Cuaca Ekstrem, Pemprov Sulut Minta Warga Waspada

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di provinsi tersebut.
Ilman A. Sudarwan | 28 April 2019 19:13 WIB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut mengeluarkan peringatan dini cuaca pada Minggu (28/4/2019) siang. Dalam peringatan itu disebutkan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir.

Cuaca tersebut disampaikan akan terjadi di beberapa wilayah Sulut, seperti Tomohon, Minahasa Utara, Manado, Bitung, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepluawan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Perkiraan cuaca dari BMKG Sulut juga menjelaskan bahwa hujan dapat meluas ke wilayah Kotamobagu, Bolmong Timur dan Kab. Kep. Sangihe.

Melihat prakiraan cuaca tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengimbau masyarakat agar lebih waspada. Masyarakat diminta waspada atas tingginya curah hujan.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem," katanya dikutip dari siaran pers, Minggu (28/4/2019).

Olly juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait mempersiapkan segala sesuatu bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

"Marilah kita berdoa supaya cuaca kembali normal dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya," tutur Olly.

Berdasarkan pantauan Bisnis,hujan lebat terjadi di Manado dan sekitarnya sejak pagi hingga sore hari. Sekitar pukul 16.00 WITA hujan lebat tersebut sudah mulai surut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bmkg, sulut

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup