Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Gorontalo Klaim Sukses Turunkan Stunting

Angka stunting di Gorontalo turun 5,1% dalam jangka waktu 3 tahun.

Bisnis.com, MANADO — Angka stunting di Gorontalo turun 5,1% dalam jangka waktu 3 tahun. Secara nasional, Gorontalo termasuk salah satu provinsi dari dua provinsi yang dianggap berhasil menurunkan prevelensi stunting selama 3 tahun berturut-turut.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan pekerjaan rumah besar masih menunggu pemerintah dan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup generasi muda secara keseluruhan.

“Stunting bukan sekedar kata-kata, stunting bukan sekedar ungkapan tapi stunting ini harus dicegah bahkan harus dihilangkan untuk menghasilkan generasi muda yang sehat, cerdas dan produktif,” katanya melalui siaran pers, Kamis (11/4/2019).

Darda mengatakan sosialisasi dan edukasi stunting kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan. Pasalnya, stunting baru akan terlihat setelah anak berusia dua tahun.

Dalam jangka panjang, apabila stunting tidak terus diperangi, maka dampaknya bisa menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, dan kesenjangan.

“Penanganan stunting harus dilakukan oleh multi sektor. Jangan berpikir ada Dinas Kesehatan, urusannya mereka. Kita harus berpikir bagaimana untuk menciptakan generasi yang produktif. Bukan hanya Dinas Kesehatan saja yang bekerja mengatasi masalah kesehatan tersebut, paling tidak setiap OPD saling mendukung program,” tuturnya.

Prevelensi stunting di Gorontalo pada 2015 masih berada pada 36,5%. Lalu dengan adanya upaya dan inovasi program gizi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, tingkat stunting turun hingga 31,4% pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper