Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Karang Taruna Gorontalo Minta Diberdayakan Melalui Dana Desa

Karang Taruna Provinsi Gorontalo meminta agar pemuda bisa diberdayakan melalui dana desa. Permintaan tersebut telah disampaikan kepada Gubernur dan Walikota di provinsi Gorontalo secara resmi.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 04 April 2019  |  17:39 WIB
Dana desa - Ilustrasi
Dana desa - Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO—Karang Taruna Provinsi Gorontalo meminta agar pemuda bisa diberdayakan melalui dana desa. Permintaan tersebut telah disampaikan kepada Gubernur dan Walikota di provinsi Gorontalo secara resmi.

Hal itu disampaikan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna (KT) Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, pada awal pekan ini.

Dalam bimtek tersebut, terdapat tiga butir kesepakatan antara pengurus Karang Taruna se-Provinsi Gorontalo.

Salah satunya, adalah mengesahkan KT sebagai organisasi yang berdiri sejak 1960 melalui Keputusan Menteri Sosial No.13/HUK/KEP/I/1981, sehingga merasa perlu mendapatkan peran penting dalam pengelolaan dana desa.

KT juga dinilai sebagai organisasi yang masih eksis sampai saat ini di tingkat desa dan kelurahan, sehingga keberadaannya dianggap mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam membantu mengatur pemanfaatan dana desa.

“Memohon kepada Gubernur juga para bupati walikota untuk menerbitkan edaran untuk kepala desa dalam pengelolaan dana desa agar memberi peran karang taruna dan unsur pemuda lainnya dalam pegelolaan dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan,” tertrulis dalam kesepakatan tersebut, dikutip dari siaran pers, Kamis (4/4/2019).

Peserta bimtek mengharapkan ke depan desa akan memiliki dasar untuk mengalokasikan dana desa untuk pemuda melalui usaha ekonomi produktif karang taruna (UEP-KT) yang akan bekerja sama dengan bumdes nantinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo pemuda
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top