Bank Sulutgo Targetkan Izin Uang Elektronik Selesai April

PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank Sulutgo) menargetkan proses perizinan penerbitan kartu debit dan uang elektronik dapat terselesaikan pada bulan depan.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 27 Maret 2019  |  20:58 WIB
Bank Sulutgo Targetkan Izin Uang Elektronik Selesai April
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO — PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank Sulutgo) menargetkan proses perizinan penerbitan kartu debit dan uang elektronik dapat terselesaikan pada bulan depan.

Direktur Utama Bank Sulutgo Jeffry A.M. Dendeng mengatakan bahwa sampai saat ini perizinan penerbitan kartu debit masih diproses oleh Bank Indonesia. Namun demikian, dia mengharapkan proses paling lambat selesai pada April.

“Kapan izinnya keluar tergantung dari Bank Indonesia, tapi target kami April 2019 sudah keluar izinnya,” katanya kepada Bisnis, Rabu (27/3/2019).

Selain mengurus izin penerbitan kartu debit, perseroan juga tengah menempuh perizinan untuk menerbitkan uang elektronik berbasis kartu. Rencana ini, lanjutnya, ditujukan guna memfasilitasi transaksi pembayaran jalan tol Manado—Bitung yang akan beroperasi pada tahun depan.

“Untuk rencana tol Manado, Bank Sulutgo menerbitkan uang elektronik berbasis kartu. Kalau uji coba internal sudah kami lakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan bahwa regulator memang tengah mendorong mendorong keterlibatan bank daerah untuk meningkatkan elektronifikasi di Sulut.

Bank Sulutgo, lanjutnya, akan sangat membantu peningkatan transaksi nontunai dan elektronik karena jumlah nasabah yang besar, khususnya dari kalangan aparatur negara yang memiliki payroll di bank tersebut.

“Mereka [Bank Sulutgo] sedang mengajukan kartu debit, sedang diproses kan sudah. Nanti orang yang punya kartu ATM Bank Sulutgo bisa belanja,” katanya.

Bank Indonesia, lanjutnya, tengah melakukan riset untuk mempercepat peningkatan elektronifikasi sistem pembayaran di Bumi Nyiur Melambai. Regulator telah mengambil sampel dari beberapa kabupaten dan kota di Sulut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank sulutgo

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top