Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman ke Sulut Meningkat pada Awal 2019

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Bandara Samratulangi sepanjang Januari mencapai 10.864 orang, meningkat 22,83% dibandingkan posisi pada akhir tahun lalu.
Wisman/Reuters-Beawiharta
Wisman/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, MANADO—Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Bandara Samratulangi sepanjang Januari mencapai 10.864 orang, meningkat 22,83% dibandingkan posisi pada akhir tahun lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara Ateng Hartono mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tercatat lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total pertumbuhan pada Januari mencapai 27,74% secara tahunan.

“Wisman dibandingkan Desember meningkat, dari tahun lalu juga meningkat. Jumlah 10.864 itu yang melalui bandara ataupun pelabuhan di Sulawesi Utara, belum terhitung yang masuk melalui bandara atau pelabuhan di luar Sulawesi Utara,” jelasnya di Manado, Jumat (1/3/2019).

Dia menjelaskan, dengan jumlah 10.190 orang, wisman asal China mendominasi kunjungan ke Sulawesi Utara. Jumlah wisman tersebut setara dengan 93,80% dari total wisman. Jumlah wisman China juga jauh lebih tinggi daripada Amerika Serikat dan Jerman yang masing-masing mencapai 0,8% dan 0,61%.

Sejalan dengan pertumbuhan kunjungan wisman, tingkat penghunan kamar atau TPK hotel berbintang di Sulawesi Utara pada Januari mencapapi 68,56%. Meningkat 2,4% dibandingkan TPK pada Desember 2018.

“Sejalan dengan pertumbuhan wisman tingkat penghunian kamar atau TPK juga lumayan meningkatnya, artinya ini mendorong sektor ekonomi, termasuk di jasa-jasa juga,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) asing dan indonesia juga terus meningkat. Pada Januari, RLMT mencapai 2,83 hari, meningkat dari 1,89 hari di Desember tahun lalu. Rataan tersebut juga lebih tinggi dibandingkan Januari tahun lalu.

“Rata-rata lama meningnap, baik tamu masing atau tamu lokal, terus meningkat. Semakin lama dia semain besar spending-nya, karena ekonmi otomatis akan didorong. Tentunya untuk teman-teman Pemda, jika ingin wisman bertahan cukup lama maka harus dibenahi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler