Pemkot Wajo Cari Investor Penyedia Air Bersih

Danau Tempe akan menjadi sumber perolehan air baku yang akan didistribusikan ke masyarakat.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  15:21 WIB
Pemkot Wajo Cari Investor Penyedia Air Bersih
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kanan) menandatangani berita acara pelantikan Bupati Wajo Amran Mahmud (kiri) dan Wakil Bupati Wajo Amran (tengah) di Makassar, Suawesi Selatan. Pada 2019 ini Pemkab Wajo mendorong sejumlah program unggulan di antaranya, pengadaan air bersih dengan teknologi mutakhir, kawasan pertanian terpadu, dan penyediaan lahan untuk rumah sakit regional. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — Bupati Wajo Amran Mahmud berkomitmen segera menyediakan teknologi mutakhir guna menyediakan akses bersih di wilayah yang dipimpinnya.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan air merupakan kebutuhan dasar, hanya saja di Kabupaten Wajo hal itu justru belum mampu terpenuhi secara maksimal. Bahkan, di Wajo air bersih sulit didapatkan.

"Karena itu kami bertemu dengan Pak Gubernur untuk membahas permasalahan ini. Kami membahas tentang air bersih di Wajo. Kami ingin menghadirkan teknologi yang bisa memberikan air yang layak dan sehat," kata Amran seusai bertemu Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Minggu (24/2/2019) malam.

Untuk menghadirkan teknologi pengadaan air itu, Pemkab Wajo berencana menggaet sejumlah investor. Olehnya itu, ia berharap dalam hal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulsel agar program tersebut bisa terwujud.

Amran memaparkan, Danau Tempe akan menjadi sumber perolehan air baku yang akan didistribusikan ke masyarakat. Saat ini proses pembenahan mulai dilakukan, sebab meski rumah warga dialiri air hanya saja debit airnya cenderung minim.

"Selama ini air untuk masyarakat masih bergilir. Jadi, tekknologi yang dihadirkan nanti juga untuk meningkatkan debit dan kualitasnya airnya sehingga layak minum," ungkap Amran.

Selain dari Danau Tempe perolehan air baku akan diambil dari sungai di Kabupaten Wajo. Dengan dicanangkan program ini Amran berharap masyarakat bisa segera menikmati air bersih tanpa harus menunggu giliran untuk memperoleh air tersebut.

Selain pengadaan air bersih, sejumlah program kerja juga akan digodok Pemkab Wajo pada 2019 di antaranya kawasan pertanian terpadu dan penyediaan lahan untuk rumah sakit regional.

Diterangkan Amran, pihaknya sudah menyediakan kawasan yang akan didorong untuk menjadi tempat pembinaan para petani. Di mana di kawasan itu akan dikembangkan tiga potensi yakni potensi, pertanian, peternakan dan perikanan.

"Untuk itu kami siapkan di Kecamatan Majeuleng. Kami mendorong kawasan itu untuk meningkatkan produksi dan mengubah mindset petani kita. Di mana petani kita cenderung merasa minder dengan profesinya," kata Amran.

Sementara itu, untuk rumah sakit regional sudah disiapkan lokasi untuk bisa hadir rumah sakit yang representatif. Bukan hanya untuk masyarakat Wajo, tetapi juga bisa menjadi rujukan bagi kabupaten lain.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyatakan siap mendukung program unggulan Pemkab Wajo. Nurdin akan mengupayakan pengadaan teknologi mutakhir untuk air bersih bagi masyarakat Wajo.

"Secepatnya kita akan bantu. Segera nantinya program ini akan menjadi percontohan bagi daerah lain," ungkap Nurdin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air bersih, wajo

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top