Tiket Mahal, Jumlah Penumpang Bandara Hasanuddin Makassar Turun 30% pada Awal Tahun

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM) mencatat penurunan jumlah penumpang hingga 30% pada akhir tahun lalu hingga awal tahun ini.
Andini Ristyaningrum | 16 Februari 2019 14:09 WIB
Pesawat Garuda Indonesia dan Lion Air terlihat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan Minggu (11/6). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR -- Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM) mencatat penurunan jumlah penumpang hingga 30% pada akhir tahun lalu hingga awal tahun ini.

General Manager (GM) Angkasa Pura I SHIAM Wahyudi tak menampik bahwa penurunan itu terjadi akibat kenaikan harga tiket. 
 
"Kenaikan harga tiket oleh sejumlah maskapai beberapa waktu lalu memang memberikan dampak signifikan bagi jumlah penumpang di SHIAM," ungkapnya, Jumat (15/2/2019).
 
Penurunan hingga 30% itu disebut terjadi pada periode Desember 2018-Januari 2019. Wahyudi mengatakan faktor operasional akan tetap dikaji dalam mengetahui penyebab utama kenaikan harga tiket oleh sejumlah maskapai. Namun, dia menyatakan penurunan itu masih dalam tingkat kewajaran.

Januari merupakan masa low season di mana tingkat kunjungan cenderung rendah. Biasanya, fenomena itu berlangsung hingga Maret. 
 
Meski sejumlah maskapai telah menurunkan harga tiket, tetapi Angkasa Pura (AP) I masih tetap berupaya menekan lonjakan harga tiket. Butuh waktu yang tak sebentar untuk mengambil langkah itu. 
 
"Sebab, AP I masih mengandalkan anggaran dari pemerintah untuk bisa menekan kenaikan harga tiket dengan memberikan subsidi. Nanti, setelah Maret, bisa berjalan normal," ujar Wahyudi.
 
Adapun bentuk subsidi biaya penerbangan yang diberikan perseroan adalah dengan memberi potongan harga atau landing fee bagi rute yang baru dibuka. Bahkan, AP I membebaskan biaya atau gratis untuk landing fee
 
Secara khusus, pada Januari 2019, penurunan jumlah penumpang di SHIAM mencapai 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah penumpang pada Januari 2018 mencapai 1,06 juta orang, sedangkan pada Januari 2019 hanya sebanyak 916.339 orang.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tiket pesawat, bandara hasanuddin

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup