Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekonstruksi IAIN Palu Gunakan Dana ADB

IAIN Palu melibatkan Asian Development Bank (ADB) untuk merevitalisasi perguruan tinggi tersebut pascatsunami menerjang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Januari 2019  |  17:01 WIB
Rekonstruksi IAIN Palu Gunakan Dana ADB
Kondisi IAIN Palu setelah dihantam tsunami pada 28 September tahun lalu. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, melibatkan Asian Development Bank (ADB) untuk merevitalisasi perguruan tinggi tersebut pascatsunami menerjang.

Kepala Sub-Bagian Perencanaan IAIN Palu, Iqbal, mengemukakan revitalisasi dan rekonstruksi kampus mulai dilakukan secara perlahan pascatsunami salah satunya dengan dana ADB.

"IAIN Palu merencanakan rekonstruksi kampus berakhir pada tahun 2021. Saat ini rekonstruksi untuk kampus I di Palu Barat mulai berlangsung," ucap Iqbal.

Dia menguraikan IAIN Palu akan merevitalisasi enam bangunan gedung di kampus I dengan menggunakan anggaran dari ADB senilai kurang lebih Rp30 miliar.

Pembenahan kampus I penting untuk dilakukan, mengingat proses perkualiahan, pelayanan dan kegiatan akademik pascabencana, hingga beberapa waktu ke depan masih berlangsung di kampus I.

Pembenahan kampus I, kata dia, juga untuk menunjang percepatan pembangunan manusia pascabencana gempa dan tsunami, sebagai visi Rektor IAIN Palu Prof sagaf Pettalongi yang mengembangkan perguruan tinggi itu berbasis peningkatan mutu dan daya saing.

"Aspek infastruktur dan sarana prasarana sangat menunjang dalam target dan capaian mutu dan daya saing akademik. Karena itu, pembenahan dan rekonstruksi kampus segera dilakukan, mulai tahun 2019 ini," ujarnya.

Dia menambahkan secara keseluruhan IAIN Palu mendapat bantuan dana dari ADB sekitar Rp365 miliar untuk revitalisasi kampus I di Palu dan kampus II di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi.

Rektor IAIN Palu Sagaf S. Pettalongi mengaku melibatkan ADB lewat pemerintah pusat untuk merevitalisasi kampus IAIN Palu, dan telah disetujui.

Dia menuturkan berdasarkan rencana kebutuhan IAIN Palu sebelum dan pascabencana, diusulkan anggaran senilai Rp365 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iain Gempa Palu

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top