Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IAIN Palu KKN ke Luar Negeri Mulai 2020

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, merencanakan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di luar negeri mulai 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Desember 2018  |  17:12 WIB
IAIN Palu KKN ke Luar Negeri Mulai 2020
Kondisi IAIN Palu beberapa hari setelah dilanda tsunami pada akhir September lalu. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, merencanakan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di luar negeri mulai 2020.

"Iya, pelaksanaan KKN di luar negeri kemungkinan akan dilangsungkan pada 2020," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Palu, H. M. Asy'ari terkait dengan pelaksanaan KKN pada Kamis (27/12/2018).

Dia mengemukakan IAIN Palu sebelumnya telah merencanakan dan menyusun persiapan pelaksanaan KKN dan Program Pengalaman Lapangan) PPL di luar negeri, yang akan dilaksanakan mulai 2019.

Rencana dan persiapan itu, kata dia, termasuk dengan pelaksanaan KKN nusantara yang di fokuskan di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) di Indonesia.

Namun, dia mengakui di luar dari dugaan dan nalar manusia rencana itu harus ditangguhkan sementara karena IAIN Palu terdampak bencana gempa dan tsunami.

"Karena ada bencana gempa dan tsunami, rencana dan persiapan itu ditangguhkan sementara. IAIN Palu berbenah pascabencana," ujar Asy'ari.

Dia mengemukakan tidak semua mahasiswa dapat melangsungkan KKN di luar negeri atau di negara tertentu yang menjadi fokus IAIN. Hanya terdapat lima hingga tujuh mahasiswa yang lulus seleksi dan memenuhi syarat yang dapat mengikuti KKN di luar negeri.

"Misalkan dari Fakultas Tarbiyah tiga orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, serta Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam masing-masing satu atau dua orang," tuturnya.

Syarat dan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk KKN di luar negeri yakni, cakap berbahasa asing Inggris dan Arab, serta memenuhi syarat akademik lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkn iain

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top