Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kolaborasi Tenun Songket Balimagista Diluncurkan di Makassar

Kain tenun songket ini merupakan kolaborasi antara kain tenun songket milik Bali dan Sulawesi Selatan.

Bisnis.com, MAKASSAR – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Indonesia Mufidah Jusuf Kalla meluncurkan kain tenun songket Balimagista. Kain tenun songket ini merupakan kolaborasi antara kain tenun songket milik Bali dan Sulawesi Selatan.

Balimagista atau Bali, Makassar, Bugis, dan Tana Toraja merupakan kerajinan baru yang sebelumnya digagas oleh Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono. Penandatanganan kerja sama ntara kedua belah pihak pun dilakukan pada 11 Agustus 2018 lalu.

Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, kerajinan kriya ini bisa menjadi salah satu potensi baru untuk diperkenalkan ke luar negeri. Apalagi kolaborasi ini melibatkan para penenun andal asal Sulsel maupun Bali.

"Kami berharap pemerintah bisa lebih mengoptimalkan hasil karya dari binaan Dekranasda ini. Apalagi kerajinan kriya saat ini sudah semakin dilirik," ungkap Mufidah Jusuf Kalla di Hotel Sheraton Makassar, Jumat (14/12/2018).

Ia berharap, produk kerajinan dekranas Sulsel kmi diharapkan dapat berkembang agar menambah taraf hidup pengrajin tenun songket. Rencananya, pada Juni-Juli 2019 para pengrajin Sulsel rencananya akan mengikuti Dekranas Award 2019 di Jakarta.

Inovasi produk dengan cara mempertahankan identitas tradisional merupakan salah satu upaya untuk tetap meningkatkan kemampuan dan potensi sati daerah.

Menurutnya, hal itu agar warisan budaya tetap tampil dengan kekinian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyatakan, untuk produk terbaru ini di sektor industri ini jika perlu segera diberikan sertifikat. Agar lebih menunjang dalam proses promosinya.

"Kita mendorong skala para perajin kita termasuk kualitas produk agar kerajinan kriya kita bisa juga jadi nilai jual di mancanegara," jelas Andi Sudirman.

Tenun Songket Balimagista dirancang oleh Anna Mariana. Sentuhan tangan Anna ini memperlihatkan beberapa ikon khas Sulsel dan Bali. Dalam beberapa kain tenun terlihat adanya motif berbentuk rumah tongkonan Toraja.

Pada peluncurannya sejumlah karya dari desainer ternama Indonesia juga ditampilkan dalam fashion show. Kain tenun songket Balimagista menghadirkan beragam produk dalam bentuk baju, rok, maupun selendang yang elegan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper