Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Gulirkan Dana Kemitraan Rp6,9 Miliar di Sulsel dan Sulut

Pertamina menyalurkan dana bergulir melalui program kemitraan sebesar Rp6,9 miliar.
Ilustrasi aktivitas depot pengisian Pertamina./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi aktivitas depot pengisian Pertamina./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) VII menyalurkan dana bergulir melalui program kemitraan sebesar Rp6,9 miliar untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut).

"Ini adalah bentuk dukungan Pertamina terhadap UMKM yang telah berkontribusi besar terhadap roda perekonomian bangsa," kata General Manager Pertamina MOR VII Werry Prayogi pada seremonial penyerahan program kemitraan tersebut di Makassar, Rabu (21/11/2018).

Werry mengatakan sekitar 70% bisnis di Indonesia dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah, dengan melibatkan sekitar 107 juta pekerja. Sayangnya, lanjut dia, pelaku UMKM kerap tersandung masalah klasik, yakni dipandang tidak mampu memenuhi persyaratan bank (bankable).

Akibatnya, sering kali UMKM kesulitan mengakses permodalan. Melalui program kemitraan inilah Pertamina membantu permodalan UMKM dengan memberikan pinjaman lunak bersuku bunga rendah.

"UMKM ini adalah suatu kekuatan bisnis yang dimiliki negara kita, dan tugas Pertamina membantu pengembangannya," jelas Werry.

Sebelumnya, hingga kuartal tiga 2018 Pertamina MOR VII telah menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp4,8 miliar. Sehingga dengan penyaluran ini, total Rp11,7 miliar telah dikucurkan bagi pelaku UMKM di seluruh Sulawesi.

"Alhamdulillah, penyaluran 11,7 miliar ini melampaui target 2018 yakni sebesar 10 miliar rupiah," tambah Werry. Adapun tahun lalu, Pertamina MOR VII merealisasikan dana program kemitraan sebesar 8 miliar rupiah.

Unit Manager Komunikasi dan CSR PT Pertamina MOR VII M. Roby Hervindo menambahkan bantuan sebesar Rp6,9 miliar tersebut diberikan kepada 109 calon mitra binaan. Terdiri dari 79 pelaku UMKM dari Sulsel dan 30 dari Sulut.

"Dari seluruh dana program kemitraan yang kami salurkan, sekitar 60 persen disalurkan di Sulsel," kata Roby.

Ia menambahkan meski dana diberikan kepada UMKM yang "non bankable," sejauh ini persentase pengembalian dana bergulir tersebut cukup besar, mencapai 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper