Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspadai Fenomena Hujan Sporadis di Sulawesi Selatan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mulai mendeteksi sejumlah potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Sulawesi Selatan ( Sulsel). Salaah satunya adalah fenomena hujan sporadis.
Hujan disertai petir/Istimewa
Hujan disertai petir/Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mulai mendeteksi sejumlah potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Sulawesi Selatan ( Sulsel). Salaah satunya adalah fenomena hujan sporadis.

Kepala Bidang Data Informasi BMKG Wilayah IV Makassar, Daryatno menyatakan hampir sebagian besar wilayah di Sulsel mulai diguyur hujan lebat sejak awal November. Puncaknya diperkirakan akan terjadi pada  Desember 2018 hingga Februari 2019.

"Intensitas curah hujan yang terjadi cukup tinggi. Fenomena yang terjadi saat ini adalah hujan sporadis yaitu hujan lokal tapi hujan yang terjadi cukup lebat," jelas Daryatno, Rabu (14/11/2018).

Daryatno menyatakan hujan sporadis berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir bandang. Sebenarnya fenomena ini terjadi hampir terjadi di seluruh Indonesia. Tak menutup kemungkinan Sulsel juga perlu meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar menjelaskan menanggapi masuknya masa cuaca ekstrem di Sulsel, pihaknya mengaku telah bersiap siaga. Koordinasi dengan sejumlah instansi teknis terkait juga terus ditingkatkan.

Antisipasi terhadap cuaca ekstrem sangat penting dilakukan. Apalagi , kata Syamsibar, Sulsel dilalui 65 sungai, lima danau besar. Tak hanya itu Sulsel juga dilalui patahan aktif seperti patahan Walanae di Teluk Bone, patahan danau Matano, di danau Matano dan patahan Soroako di Luwu Timur.

"Pencegahan jauh lebih bagus daripada nanti terjadi baru kita kalang kabut. Pemerintah juga sudah memberikan bantuan logistik darurat bencana sebanyak 15 item untuk 24 kabupaten/kota di Sulsel," jelas Syamsibar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper