Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Defisit Anggaran. Sulsel Tunda Sejumlah Proyek Infrastruktur

Pada triwulan II/2018, Sulawesi Selatan mengalami defisit anggaran sebesar Rp183 miliar. Namun, Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menyatakan defisit anggaran tersebut kini telah tertutupi.
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono/Bisnis.com-Andini Ristyaningrum
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono/Bisnis.com-Andini Ristyaningrum
Bisnis.com, MAKASSAR -- Pada triwulan II/2018, Sulawesi Selatan mengalami defisit anggaran sebesar Rp183 miliar. Namun, Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menyatakan defisit anggaran tersebut kini telah tertutupi.
Untuk menutupi defisit anggaran itu, Pemprov Sulsel menunda sejumlah proyek-proyek pembangunan, termasuk infrastruktur. Sumarsono menyebut, putusan itu tinggal menanti waktu pertanggungjawaban bersama DPRD Provinsi Sulsel.
"Kita mengambil langkah dengan menunda proyek-proyek yang tidak jelas. Jumlahnya ratusan dari masing-masing OPD Sulsel," beber Sumarsono usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulsel terpilih, nurdin Abdullah, di kantor Gubernur Sulsel, Kamis (16/8/2018).
Proyek yang ditunda itu kata Sumarsono, merupakan proyek-proyek yang belum masuk proses tender. Entah itu karena proses lahannya belum tersedia, maupun  karena persoalan lainnya harus dibatalkan dulu.
Selain itu, ia juga meminta agar anggaran sisa tender untuk tidak dipakai lagi pada keperluan lain. Ia menyatakan, sisa anggaran tersebut bisa langsung disetor ke kas daerah.
Sebelumnya, Pemprov Sulsel  juga telah mengambil langkah alternatif dengan memangkas anggaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 10%. Langkah tersebut menurut Sumarsono mendapat apresiasi dari Nurdin Abdullah.
"Intinya tugas kita di sini meringankan dan mempermudah tugas Pak NA untuk memimpin Sulsel. Yang lain-lain implikasi kewenangan beliau kita sangat hormati," jelas Sumarsono.
Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah, menjelaskan, ke depan ia akan fokus untuk membenahi infrastruktur yang ada, utamanya di wilayah-wilayah yang berpotensi mendongkrak peningkatan investasi Sulsel. Beberapa di antaranya seperti Tana Toraja dan Pantai Bira Bulukumba.
"Sulsel ini mau dibangun, kita harus bergerak cepat. Toraja dan Bira kita benahi sembari menggenjot destinasi wisata di daerah lain," jelas NA.
Ia menjelaskan, untuk menunjang hal tersebut perlu adanya suasana kondusif. Menurut NA, hal itulah yang berhasil dilakukan Soni Sumarsono selama menjadi Pj Gubernur Sulsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler