Feri Lestari Maju Tenggelam, Pemprov Sulsel: Seluruh Korban bisa Diselamatkan

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menyatakan seluruh korban dari insiden kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar telah berhasil dievakuasi tanpa adanya korban jiwa.
Amri Nur Rahmat | 03 Juli 2018 16:44 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menyatakan seluruh korban dari insiden kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar telah berhasil dievakuasi tanpa adanya korban jiwa.

"Sudah selesai [penanganannya dan evakuasinya], dan tak ada korban [jiwa], hanya kandas di Bira," katanya Selasa (3/7/2018).

KM Lestari Maju merupakan feri penyeberangan reguler yang menghubungkan Pelabuhan Bira di Kabupaten Bulukumba dengan Pelabuhan Pamatata di Kabupaten Selayar.

Informasi yang dihimpun, feri tersebut kandas setelah mengalami kebocoran lambung yang diperparah dengan cuaca buruk di Perairan Selayar pada Selasa siang tadi.

Diketahui, lokasi kandasnya KM Lestari Maju berada di sekitar Pantai Pabbadilan atau telah hampir mencapai Dermaga Pelabuhan Pamatata.

Beruntung, lokasi kandasnya feri tersebut sudah mencapai perairan relatif dangkal serta seluruh penumpang telah mendapatkan life jacket sebelum kapal oleng nyaris terbalik.

Di sisi lain, evakuasi penumpang relatif cepat dilakukan karena KM Lestari Maju beriringan dengan KM Bontoharu sehingga potensi terjadinya korban jiwa bisa ditekan.

Kendati Pj Gubernur Sulsel Sulsel sebelumnya menyatakan tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut, namun beredar kabar jika beberapa penumpang KM Lestari Maju meninggal dunia.

Menanggapi kabar adanya korban jiwa, Darfianmukri, Petugas Pusdalops BPBD (Badan Penanggulaan Bencana Daerah) Kabupaten Bulukumba,menyatakan pendataan korban masih terus dilakukan termasuk memastikan evakuasi seluruh penumpang telah dilakukan.

Berikut foto detik-detik tenggelamnya kapal feri KM Maju Lestari. 

Tag : kapal tenggelam
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top