Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapkan Rp2,7 Triliun, BNI Manado Siagakan ATM dan Outlet

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Manado menyiapkan dana sekitar Rp2,7 triliun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di masa Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.
Pemimpin BNI Kantor Wilayah Manado Nur Azmi. - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono
Pemimpin BNI Kantor Wilayah Manado Nur Azmi. - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Manado menyiapkan dana sekitar Rp2,7 triliun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di masa Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Manado, Nur Azmi mengatakan dana tersebut akan disebar untuk empat provinsi yang berada di wilayah kerjanya, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

“Itu kita siapkan sesuai kajian berdasarkan perhitungan historis. Ada kenaikan 16% dibandingkan dengan tahun lalu,” ujarnya saat berbincang dengan awak media, Kamis (24/5/2018).

Persiapan dana atau kebutuhan kas total senilai 2,7 triliun tersebut, sambungnya, sudah terlihat dari rata-rata kebutuhan kas per hari saat ini. Kebutuhan per hari menjelang Ramadan, 17 Mei-14 Juni 2018, mencapai Rp199 miliar di empat provinsi.

Upaya yang dilakukan instansinya, sambung Nur, diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Apalagi, secara musimannya, kebutuhan uang kartal mengalami peningkatan di saat hari raya keagamaan seperti Ramadan dan Idul Fitri.

Dana tersebut akan disebar di 65 outlet dan ATM yang dimiliki oleh Kantor Wilayah Manado. Hingga 39 April 2018, ada 65 outlet yang tersebar di 4 provinsi, 8 kota, dan 36 kabupaten. Outlet itu terdiri atas 11 kantor cabang, 48 kantor cabang pembantu, dan 11 kantor kas. “Sebagian besar outlet atau sekitar 68% berlokasi di shopping area,” imbuh Nur.

Sementara, untuk ATM ada 526 buah yang terdiri atas 482 ATM, 13 mesin setor-tarik atau cash recycling machine (CRM), dan 31 nontunai. Pihaknya menegaskan ATM ini akan siaga untuk melayani kebutuhan masyarakat, termasuk selain nasabah BNI.

“Ternyata banyak juga nasabah di luar bank kami yang menggunakan ATM BNI. Ini bagus juga bagi untuk mendapatkan fee based income,” katanya.

Selain itu, BNI Kantor Wilayah Manado juga akan membuka layanan operasional terbatas untuk melayani selama libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H di tujuh outlet. Adapun, jadwal layanan operasional terbatas itu sebagai berikut:

KCU Manado dan KCU Palu pada Senin (11/6/2018) hingga Kamis (14/6/2018), serta Senin (18/6/2018) hingga Rabu (20/6/2018). Selain itu, pada Sabtu (16/6/2018) ada operasional terbatas di KK Mantos 1 Manado, KK Mantos 2 Manado, KK Calaca Manado, KCP Manonda Palu, dan KCP Paris Superstore Kotamobagu.

Pihaknya juga akan menempatkan BNI Layanan Gerak (BLG) di empat cabang dengan enam lokasi penempatan yakni: Cabang Manado dengan periode selama libur Lebaran di Kantor BPJS Kesehatan. Cabang Palu pada 13 Juni hingga 20 Juni 2018 di Pasar Inpres Manonda.

Selanjutnya, untuk Cabang Tolitioli di Pasar Bumi Harapan (12 Juni 2018), Pasar Susumbolan (13 Juni 2018), dan Pasar Sandana (14 Juni 2018). Sementara BLG untuk Ternate dibuka selama libur Lebaran di Kantor Bupati Morotai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler