8 Pelabuhan Pelindo IV Jadi Titik Pemberangkatan Pemudik

PT Pelindo IV menyediakan fasilitas mudik gratis untuk periode Lebaran yang direncanakan serentak dilakukan di delapan pelabuhan kelolaan perseroan di wilayah timur.
Amri Nur Rahmat | 24 Mei 2018 14:54 WIB
Ilustrasi mudik kapal laut. - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR -- PT Pelindo IV menyediakan fasilitas mudik gratis untuk periode Lebaran yang direncanakan serentak dilakukan di delapan pelabuhan kelolaan perseroan di wilayah timur.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung menjelaskan delapan pelabuhan kelolaan perseroan nantinya menjadi titik pelepasan peserta program mudik gratis ke sejumlah destinasi atau kabupaten/kota yang terkoneksi dari sisi darat maupun sisi laut dengan titik pemberangkatan.

"Program mudik gratis yang diselenggarakan tahun ini memang memang berbeda, di mana sebelumnya kegiatan angkutan mudik gratis selalu terpusat dan dilaksanakan di Makassar. Untuk tahun ini, kami lakukan serentak di delapan cabang pelabuhan kelolaan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (24/5/2018).

Kedelapan pelabuhan tersebut meliputi Makassar, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Sorong, Tarakan, Kendari, dan Parepare. Seluruhnya memiliki rangkaian rute perjalanan yang disesuaikan dengan titik destinasi atau tujuan pemudik.

Doso mengemukakan pemberangkatan pemudik dijadwalkan berjalan secara bertahap terhitung selama 8 Juni-19 Juni 2018.

Untuk rute, titik pemberangkatan melalui Pelabuhan Makassar direncanakan bakal melalui beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Maros, Pangkep, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba.

Selanjutnya, untuk titik Pelabuhan Balikpapan rutenya akan terkoneksi dengan Bontang dan Tenggarong. Lalu, rute dari Pelabuhan Samarinda yaitu Bontang, Sangatta, Melak, dan Sangkulirang.

Sementara itu, rute dari Pelabuhan Ambon yaitu Feri Liang-Bandara dan Amahusu, sedangkan untuk Pelabuhan Sorong dengan rute Teminabuan, Klamono, dan Aimas.

Pelabuhan Kendari menempuh rute lewat laut yakni ke Pangkalan Nusantara, Raha, Baubau, Ereke serta Wanci Raha sedangkan untuk jalur darat mengambil destinasi ke Kolaka.

Titik pelepasan mudik gratis dari Pelabuhan Parepare bakal menempuh rute ke Toraja, Palopo, Sengkang, Enrekang, Polman, Bone, Soppeng, dan Pinrang. Adapun Pelabuhan Tarakan mengambil rute laut menuju Nunukan dan Tanjung Selor.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo IV Riman S. Duyo menambahkan pihaknya membuka pendaftaran untuk kegiatan Mudik Gratis ini pada 21 Mei 2018-7 Juni 2018, dengan jumlah kuota yang telah ditentukan.

“Peserta Mudik Gratis adalah para penumpang kapal laut, baik kapal milik Pelni maupun kapal swasta, serta masyarakat umum yang berada di wilayah setempat. Selain menyediakan transportasi untuk Mudik Gratis, kami juga menyediakan takjil untuk berbuka puasa dan makanan untuk sahur bagi peserta mudik nanti,” jelasnya.

Tag : pelindo iv, mudik lebaran
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top