Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR VII Sulawesi Raih Penghargaan Lingkungan dari Pemprov Sulsel

PT Pertamina MOR VII Sulawesi menjadi BUMN yang meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
Ilustrasi gerakan menanam mangrove./Ist
Ilustrasi gerakan menanam mangrove./Ist

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pertamina MOR VII Sulawesi menjadi BUMN yang meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Penghargaan diberikan kepada Pertamina MOR VII karena telah berkontribusi dalam pembangunan Sulsel selama kurun waktu 10 tahun terakhir khususnya di bidang lingkungan hidup.

Pelestarian lingkungan hidup dilakukan Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan.

"Hal ini menjadi hasil nyata komitmen Pertamina MOR VII akan pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan, khususnya di Sulsel," kata General Manager MOR VII Joko Pitoyo dalam keterangan, Kamis (5/4/2018).

Selama 2017, dia menjelaskan pola kemitraan dengan masyarakat, pemerintah daerah dan akademisi telah menggelontorkan dana CSR sebesar Rp 2,7 Miliar.

Beberapa program yang dijalankan di Sulsel di antaranya Penanaman 30.000 Mangrove Kota Makassar, Kampung Hijau Pertamina (Lorong Garden Pertamina) serta Bank Sampah Sektoral Wajo Makassar.

Kemudian ada pula Kampung Berdikari, yang terdiri dari program utama Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Azzahrah Pattingaloang dan ditambah dengan inovasi baru Kampung Safety Pertamina.

Selain itu, salah satu fasilitas perseroan yakni Terminal BBM (TBBM) Makassar telah berhasil masuk sebagai Kandidat Proper Emas 2017, yakni penghargaan kinerja pengelolaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pertamina MOR VII juga turut serta dalam pemberdayaan ekonomi kecil atau UMKM melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dengan realisasi penyaluran modal usaha mikro sebesar lebih dari Rp8 miliar pada 2017.

“Sesuai dengan komitmen kami sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina berupaya untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan hidup dan masyarakat khususnya di wilayah operasional Pertamina. Dengan menyejahterakan manusia, alam, dan lingkungan, maka Pertamina akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” jelas Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler