Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peremajaan Kelapa di Sulawesi Tengah Perlu Dukungan Petani dan Pemda

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Nahyun Biantong mengatakan pemerintah kabupaten harus mendukung peremajaan kelapa.
Ilustrasi./Reuters
Ilustrasi./Reuters

Bisnis.com, PALU—Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Nahyun Biantong mengatakan pemerintah kabupaten harus mendukung peremajaan kelapa dalam, jika ingin program itu berhasil sesuai harapan pemerintah pusat dah daerah.

"Begitu pula dengan petani, sebab mereka sebagai pelaku utama di lapangan," katanya di Palu, Selasa (13/3/2018).

Menurut dia, sebagus apapun program yang akan dilakukan di daerah, jika tanpa dukungan pemkab dan petani di masing-masing kabupaten yang menjadi sasaran peremajaan kelapa, tidak akan berhasil maksimal.

Sebaliknya, jika program dimaksud mendapat perhatian besar dari pemerintah daerah dan juga para petani mendukung sepenuhnya, maka dipastikan peremajaan kelapa di beberapa kabupaten di Sulteng yang telah berjalan tujuh tahun terakhir ini,niscaya akan berhasil dan Sulteng tetap menjadi daerah penghasil kopra di Tanah Air.

Karena itu, Nahyun mengimbau pemerintah kabupaten bersama-sama pemerintah provinsi mendukung program dimaksud agar Provinsi Sulteng ke depan akan menjadi sentra produksi kopra dan kelapa nasional.

Dia mengaku dalam kurun beberapa tahun terakhir ini, produksi kopra Sulteng mengalami penurunan karena bahan baku kelapa semakin berkurang.

Padahal, katanya, pasaran kopra di dalam maupun luar negeri saat ini terbilang lagi bagus. Harga kopra dan kelapa biji di pasaran lokal terus membaik.

Harga kopra di tingkat pengumpul di Palu sekarang ini berkisar Rp6.300/kg dan kelapa biji Rp6.000/butir.

Harga kopra di pasaran sempat naik hingga mencapai Rp11.000/kg.

Nahyun mengatakan turunnya produksi kelapa di Sulteng lebih dikarenakan rata-rata usia pohon kelapa yang ada saat ini sudah tidak produktif.

Sementara itu, petani tampaknya enggan untuk mengganti kembali pohon kelapa yang sudah tidak produktif dan lebih tertarik mengembangkan komoditi perkebunan lainnya seperti menanam kakao, kopi,kemiri,nilam dan komoditi lainnya.

Selain karena harga komoditi-komoditi tersebut jauh lebih bagus, juga memang untuk menanam kelapa butuh waktu cukup lama baru berbuah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper