Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REI Sulsel Siapkan Hunian Bagi Pensiunan ASN

Asosiasi Real Estate Indonesia atau REI Sulsel memfasilitasi ASN yang telah memasuki masa purna bakti untuk mendapatkan hunian melalui skema pembiayaan dari perbankan dengan dukungan dari PT Taspen.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR—Asosiasi Real Estate Indonesia atau REI Sulsel memfasilitasi ASN yang telah memasuki masa purna bakti untuk mendapatkan hunian melalui skema pembiayaan dari perbankan dengan dukungan dari PT Taspen.

Ketua REI Sulsel Muhammad Sadiq mengatakan seluruh ASN purna bakti yang terdaftar pula dalam kepesertaan di PT Taspen tersebut memungkinkan mendapatkan hunian seperti halnya ASN aktif.

"Pengembang yang tergabung di REI Sulsel sudah siap merealisasikan fasilitasi ini. Karena jalinan kerjasama dari pusat [REI dan Taspen] termasuk dengan bank yang menjadi mitra," katanya, Jumat (9/3/2018).

Adapun pada skema penyediaan hunian bagi ASN purna bakti atau pensiunan itu, melibatkan pula Bank Mandiri, BTN serta Bank Mantap yang selanjutnya menyiapkan KPR khusus.

Sebagai informasi, REI Sulsel pada tahun ini mencanangkan pembangunan hunian sebanyak 20.000 unit, yang mana 70% di antaranya dialokasikan untuk segmen rumah subsidi dan memungkikan diakses oleh pensiunan ASN.

Sebelumnya, Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan kerja sama ini akan memberikan keistimewaan dan kemudahan bagi peserta Taspen mendapatkan dukungan perbankan meski telah memasuki masa pensiun. Jangka waktu maksimum cicilan yang ditetapkan adalah hingga 70 tahun.

"Ini solusi karena peserta dapat mengangsur dalam jagka waktu lebih panjang dan angsuran yang lebih rendah sehingga keterjangkauan akan tercapai dengan baik," katanya

Berdasarkan data dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUM-PNS), pada 2016 terdapat 960 ribu orang dari 4,5 juta aparatur sipil negara (ASN) di Indonesia yang belum memiliki hunian.

Hal tersebut dipengaruhi banyak faktor, diantaranya kendala finansial dan lokasi hunian yang tidak strategis.

Sementara itu, Iqbal menyebut saat ini peserta Taspen terdiri atas 2,5 juta pensiunan dan kurang lebih 4,5 juta pegawai aktif.

Melalui kerjasama ini, Taspen akan bertindak sebagai pihak yang mengidentifikasi kebutuhan hunian layak diantara para peserta, yang nantinya akan difasilitasi pembiayaannya oleh Bank BTN dan Bank Mandiri Taspen, serta pengadaannya oleh REI.

"Anda mau bayar uang muka tapi kreditnya panjang, ada Bank BTN, tidak bayar uang muka tapi angsurannya tinggi, ada Bank Mantap (Mandiri Taspen). Anda mau lokasi yang bagaimana, kita juga ada REI," jelas dia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler