Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah Rencanakan Liburan? Ini Wisata Unggulan Sulut 2018

Memasuki bulan Maret biasanya merupakan pertanda pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau. Sudahkah anda menyiapkan daftar liburan selama musim kemarau tahun ini? Kiranya wisata unggulan Sulawesi Utara tahun ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda.
Pemandangan Pulau Baling-Baling di Minahasa Tenggara / Bisnis-Lukas Hendra
Pemandangan Pulau Baling-Baling di Minahasa Tenggara / Bisnis-Lukas Hendra

MANADO – Memasuki bulan Maret biasanya merupakan pertanda pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau. Sudahkah anda menyiapkan daftar liburan selama musim kemarau tahun ini? Kiranya wisata unggulan Sulawesi Utara tahun ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda. 

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akhirnya meluncurkan kalender pariwisata (calender of event) 2018 sebagai upaya untuk terus mendorong pertumbuhan wisatawan pada tahun ini.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw meluncurkan Calender of Event North Sulawesi 2018 pada Selasa (27/2/2018). Langkah tersebut merupakan bagian dari persiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam menyambut pariwisata 2018.

Menurutnya, dalam Calender of Event North Sulawesi 2018 itu, terdapat empat even utama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yakni Celebrate Of The Sea, Festival Bunaken, Pemilihan Nyong Noni Sulut, Festival Natal/Chistmas Festival serta ratusan lebih event lainnya yang ada di Kabupaten/Kota siap digelar pada tahun ini.

Dia mengungkapkan pariwisata Sulawesi Utara pada 2016, 2017 dan hingga saat ini secara sensasional mengalami kenaikan hampir 700% kunjungan turis asing yang masuk daerah Sulawesi Utara.

"Apakah hal ini sudah memuaskan kita semua atau sudah cukup. Kenaikan 1000% dari tahun 2015 sampai saat ini secara nominal mungkin tahun ini kita bisa capai 125.000an. Dari segi persentase tingkat nasional kita yang paling tinggi, tapi dari segi nominal dari 16 juta turis yang datang ke Indonesia dengan capaian 120.000 itu belum sampai satu persen," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulut, Rabu (28/2/2018).

Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah Kabupaten/Kota agar rajin mempromosikan daerahnya untuk kemajuan pariwisata Sulut. Dia juga berharap dengan diluncurkan Calender of Event 2018 Pariwisata Sulut mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang datang berkunjung ke daerah Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara.

Hanya saja, dia mengingatkan kepada Kabupaten Kota agar tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulut agar tidak bentrok jadwal kegiatan untuk mendongkrak pariwisata Sulut.

"Saya harap agar pelaksanaan seluruh kegiatan terorganisir sesuai harapan yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Daniel Mewengkang mengatakan Calender of Event 2018 Pariwisata Sulut merupakan pelaksanaan program pemerintah Sulut melalui Dinas Pariwisata pada 2018.

Upaya tersebut sebagai bentuk promosi dan sinkronisasi sektor pariwisata serta diharapkan dapat meningkatkan kedatangan turis.

"Saya berharap dengan diluncurkan Calender of Event Sulut 2018 ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah Sulut," katanya.

Adapun, sepanjang tahun berjalan atau dari 1 Januari 2018 sampai dengan 15 Februari 2018, jumlah turis asing yang mengunjungi daerah Sulawesi Utara sudah mencapai 14.578 orang.

Berikut Agenda Pariwisata  Sepanjang Tahun 2018:

  1. Maret - Celebrate of The Sea Festival Teluk Tomini Bolaang Mongondow Selatan.
  2. April - Pelaksanaan Paskah se-Asia.
  3. Mei - Festival Danau Cinta Pulau Makalehi Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Pesona Kotamobagu, Festival Pesona Batu Pinagut di Bolaang Mongondow Utara.
  4. Juni - Festival Kentang di Minahasa Selatan.
  5. Juli - Festival Bunaken, Festival Teluk Amurang, Festival Pulau Sara'a di Talaud.
  6. Agustus - Pemilihan Nyong dan Noni Sulut, Manado Fiesta, Tomohon International Flower Festival.
  7. September - Festival Pesona Sangihe.
  8. Oktober - Pesona Selat Lembeh, Festival Danau Tondano, Festival Bentenan Lakban, Minahasa Tenggara.
  9. November - Festival Pantai Paal dan Budaya Klabat, serta Festival Danau Moat Bolaang Mongondow Timur.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler