Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaringan Pipa Avtur di Makassar Siap Digunakan September 2018

Jaringan pipa distribusi avtur dari TBBM Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin diproyeksikan mulai dipergunakan pada September 2018 mendatang.
Ilustrasi/google image
Ilustrasi/google image

Bisnis.com, MAKASSAR - Jaringan pipa distribusi avtur dari TBBM Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin diproyeksikan mulai dipergunakan pada September 2018 mendatang.

Area Manager Communication & Relation Pertamina MOR VII Sulawesi, Roby Hervindo mengatakan pengerjaan fisik dari jaringan pipa (pipeline) itu sudah mencapai 70% dari total panjang jaringan yang direncanakan 22 kilometer.

Jaringan pipa khusus avtur itu menghubungkan tangki penyimpanan milik perseroan yang berada di Pelabuhan Makassar dengan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina yang berada di kawasan Bandara Sultan Hasanuddin.

"Kontruksi fisiknya [pipeline] sudah 70%. Jika tidak ada kendala, diperkirakan September 2018 nanti sudah bisa digunakan untuk distrubusi avtur ke bandara," katanya kepada Bisnis, Kamis (22/2/2018).

Dia berharap agar seluruhnya berjalan sesuai dengan perencanaan tanpa kendala berarti sehingga optimalisasi penyaluran avtur bisa lebih ditingkatkan.

Adapun infrastruktur pipeline itu dipersiapkan memangkas durasi distribusi avtur yang selama ini masih menggunakan angkutan truk tangki.

Sebagai perbandingan, kapasitas distribusi pipeline itu mampu mencapai 200 kilo liter (KL) per jam sedangkan melalui truk tangki dengan kapasitas 245 kiloliter (KL) per empat jam.

Menurut Roby, pembangunan jaringanj pipa tersebut sejalan dengan permintaan avtur di Bandara Sultan Hasanuddin yang juga terus meningkat ekuivalen dengan penerbangan yang semakin aktif.

Kecepatan dalam suplai avtur menjadi hal yang mutlak dilakukan Pertamina agar menekan potensi terjadinya gangguan jadwal penerbangan lantaran keterlambatan pengisian bahan bakar.

Adapun konsumsi avtur dalam kondisi normal di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar secara retara mencapai 600 KL hingga 700 KL per hari.

Konsumsi avtur tersebut mencatatkan grafik peningkatan setiap tahun mengikuti pergerakan pesawat di Bandara Sultan Hasanudin yang merupakan hub untuk wilayah timur Indonesia.

Kemudian kapasitas tangki di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sultan Hasanuddin mencapai 8.000 KL sedangkan kapasitas penyimpanan avtur di TBBM Makassar 6.400 KL.

Pembangunan pipeline itu telah direncanakan perseroan sejak 2013 lalu namun eksekusi pengerjaan fisik kerap terkendala lantaran terjadi penyesuaian DED infrastruktur tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler