Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemrov Sulut Targetkan Tahun Depan Terbitkan Obligasi Daerah

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berencana untuk menerbitkan obligasi daerah paling cepat pada tahun depan. Penerbitan obligasi daerah ini dinilai akan mempercepat pembangunan infrastruktur.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berencana untuk menerbitkan obligasi daerah paling cepat pada tahun depan. Penerbitan obligasi daerah ini dinilai akan mempercepat pembangunan infrastruktur.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengungkapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memang berencana untuk menerbitkan obligasi daerah. Dia menilai upaya tersebut dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur.

Dia mengungkapkan jika pembangunan infrastruktur hanya mengandalkan alokasi dari anggaran pemasukan dan belanja daerah (APBD) maka akan membutuhkan jangka waktu yang lama.

Olly mencontohkan untuk membangun jalan 50 kilometer dari Manado ke Likupang untuk mendorong sektor pariwisata, jika hanya mengandalkan APBD maka baru bisa diselesaikan dalam jangka waktu 10 tahun.

Namun, lanjutnya, dengan adanya obligasi daerah maka akan sangat terbantu dan diperkirakan akan tuntas dalam jangka waktu satu tahun. Dia menilai, obligasi daerah merupakan terobosan baru dari otoritas jasa keuangan dalam rangka mendorong perekonomian daerah.

“Kalau jadi, daerah itu lewat apbd dulu sehingga paling cepat itu 2019 kita sudah bisa menerbitkan obligasi daerah itu,” katanya usai peresmian Kantor OJK Sulutgomalut di Manado, Kamis (22/2/2018).

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso Wimboh mengungkapkan ke depan ada 3 program utama yang bisa disinergikan dengan pemerintah daerah.

OJK, lanjutnya, ingin memfasilitasi pembangunan infrastruktur di daerah melalui perannya di pembiayaan yakni melalui obligasi daerah. Oleh karena itu, dia mendorong diterbitkannya obligasi daerah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler