Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Sulsel Masih Sulit Kembali ke Level 8%

Perekonomian Sulawesi Selatan pada tahun depan diproyeksikan masih sulit untuk kembali berada pada level 8%.

Bisnis.com, MAKASSAR - Perekonomian Sulawesi Selatan pada tahun depan diproyeksikan masih sulit untuk kembali berada pada level 8%.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulsel, Dwityapoetra Soeyasa Besar mengatakan sejumlah indikator perekonomian daerah tersebut tidak banyak bergerak untuk kemudian mengatrol perekonomian secara kumulatif.

Menurut dia, kondisi tersebut merupakan keberlanjutan dari pertumbuhan ekonomi pada tahun ini yang relatif masih tertahan karena masih dalam dalam tahapan pemulihan.

Sesuai dengan proyeksi bank sentral, laju perekonomian Sulsel pada tahun ini pada rentang 6,7%-7,1% atau lebih rendah jika dibandingkan dengan kinerja tahun lalu.

"Ekonomi Sulsel tahun ini masih belum mampu mencapai level agresif 8%, dan bakal berlanjut di tahun depan. Bahkan pada 2017 ini, pertumbuhan ekonomi Sulsel ada kecenderungan mengarah ke batas bawah," katanya kepada Bisnis, Senin (11/12/2017).

Kendati demikian, lanjut dia, perekonomian Sulsel masih memungkinkan melaju dengan kecenderungan menjauh dari batas bawah pada rentang 6,7%-7,1%.

Menurutnya, kondisi tersebut bisa terealisasi apabila beberapa sektor mendapatkan injeksi percepatan, diantaranya jika seluruh pembangkit sudah beroperasi dan terkoneksi dengan sistem kelistrikan Sulawesi Selatan.

Selanjutnya pada tahun depan, potensi mendekati level 8% memiliki peluang dengan catatan beberapa infratruktur strategis bisa beroperasi seperti kereta api, Trans Sulawesi, pembangkit listrik serta beberapa lainnya.

"Adapun untuk tahun ini, masih sulit jika dikatakan terakselerasi. Ada perbaikan ekspor impor saja pengaruh nya mungkin hanya 0,09%. Tetapi yang penting, pertumbuhannya positif," papar Dwityapoetra.

Merujuk pada data bank sentral, perekonomian Sulsel terakhir mencapai level 8% pada 2012 lalu.

Pada tahun tersebut, pertumbuhan ekonomi sulsel mencapai 8,37% namun terus mengalami penurunan pada tahun berikutnya dan bertahan di level sekitar 7% hingga saat ini.

Sebagai gambaran, pada 2013 lalu ekonomi Sulsel hanya tumbuh 7,65%, kemudian pada 2014 pada level 7,57%, turun lagi menjadi 7,15% pada 2015 serta 7,41% di 2016 lalu.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan ekonomi Sulsel pada tahun ini relatif di bawah ekspektasi, namun pada tahun depan bisa lebih terakselerasi.

"Tahun depan, momentum pertumbuhan lebih kencang bakal tercipta. Mulai dari energi dan infrastrukutur jadi penopang. Serta tentunya stabilitas aspek lainnya, kita berharap semua tetap terjaga tahun depan," ujarnya.

Kemudian pada sektor agribisnis, lanjut Syahrul, terobosan untuk optimalisasi komoditas unggulan juga menjadi kunci pertumbuhan.

"Saya yakin, semuanya bisa berjalan lebih baik tahun depan," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler