Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muamalat Cabang Makassar Andalkan Tabungan Haji & Umrah Pacu CASA

Bank Muamalat Cabang Makassar semakin mengandalkan tabungan haji dan umrah dalam memperbesar struktur penghimpunan dana murah perseroan.
antara
antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Muamalat Cabang Makassar semakin mengandalkan tabungan haji dan umrah dalam memperbesar struktur penghimpunan dana murah perseroan.

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Makassar Hadidjah Samad mengemukakan segmen dana tersebut memiliki ceruk yang sangat potensial sesuai dengan karakteristik masyarakat atau nasabah di wilayah cakupan.

Adapun hingga November 2017, penghimpunan dana dari produk tabungan haji dan umrah Bank Muamalat Cabang Makassar sebesar Rp100 miliar dan memberikan kontribusi cukup besar terhadap kinerja dana murah perseroan.

"Realisasinya bahkan melampaui ekspektasi dan target kami. Tentu dengan capaian ini, produk tabungan haji dan umrah akan terus kami upayakan meningkat karena berpengaruh terhadap CASA," katanya, Jumat (8/12/2017).

Sekedar informasi, perseroan pada tahun ini menargetkan produk tabungan haji dan umrah di Cabang Makassar sebesar Rp80 miliar, di mana per November 2017 bahkan telah menyentuh angka Rp100 miliar.

Menurut Hadidjah, kinerja tabungan haji dan umrah itu memberikan kontribusi terhadap porsi dana murah (current account saving account/CASA) sebesar 20% per November 2017.

Dengan kondisi tersebut, ikut mendorong struktur CASA terhadap total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) Bank Muamalat Cabang Makassar periode 11 bulan tahun berada pada level 64%.

Dia menyebutkan, tren tabungan haji dan umrah yang disediakan perseroan terus mengalami grafik pertumbuhan dalam beberapa waktu terakhir sejalan dengan kian menggeliatnya perjalanan umrah oleh masyarakat muslim.

"Dari sisi perencanaan, sebagian besar nasabah yang menggunakan produk ini untuk tujuan umrah. Karena memang lebih memungkinkan dilaksanakan dalam waktu dekat, berbeda dengan haji reguler yang membutuhkan waktu lama untuk berangkat," katanya.

Sementara itu, Bussiness Development Manager Funding and Wealth Management Bank Muamalat Makassar, Oktavia Mutmainnah, menuturkan untuk menggenjot DPK pihaknya menyiapkan beberapa program untuk mendorong nasabah menempatkan dananya.

Salah satunya lewat Program umrah gratis berlabel Rezeki Haji Berkah (RHB) periode 2017-2018.

Dia menguraikan, program yang rutin dilakukan dalam 3 tahun terakhir itu memiliki skema fasilitasi pemberangkatan umrah bagi nasabah perseroan.

Adapun pada 2017, perseroan memberangkatkan 60 nasabah sedangkan pada tahun depan direncanakan sebanyak 75 nasabah.

"Program ini sebagai bentuk apresiasi bank Muamalat kepada nasabah tabungan haji, dimana karena antrian haji reguler sampai puluhan tahun, sehingga nasabah bisa mendapatkan kesempatan umroh gratis via bank Muamalat," katanya.

Oktavia menjelaskan, program RHB diperuntukkan khusus bagi nasabah Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah untuk tabungan setoran awal dan pelunasan serta rencanan keuangan haji lainnya dengan kriteria saldo tabungan minimal Rp5 juta serta nasabah pengguna fasilitas standing instruction.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler