Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sulut Minta Satpol PP Berani Tegakkan Perda

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap Satuan Polisi Pamong Praja berani menegakkan peraturan daerah, peraturan gubernur serta bidang tugas lainnya sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.

Bisnis.com, MANADO--Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap Satuan Polisi Pamong Praja berani menegakkan peraturan daerah, peraturan gubernur serta bidang tugas lainnya sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.

"Institusi ini sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," kata Gubernur sebagaimana dikutip Kasatpol-PP Pemprov Sulut Edison Humiang di Manado, Sabtu.

Gubernur menegaskan, intitusi ini dibentuk untuk menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, menyelenggarakan ketertiban serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Sementara terkait fungsinya itu, menurut Gubernur Olly, peran dan kapasitas Satpol PP dalam gerak roda pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan di daerah harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya.

"Setiap anggota Satpol PP dituntut memiliki kompetensi dan diindikasikan dari sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Bahkan lebih dari itu, memiliki moral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu dia berharap, peningkatan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan mampu meningkatkan kemampuan anggota Satpol PP dalam memenuhi tuntutan tugas dan tanggung jawab di lingkungan Pemprov Sulut.

"Pendidikan dan pelatihan adalah upaya bagaimana meningkatkan kapasitas dan kompetensi membentuk pribadi yang memiliki kapasitas dalam melaksanakan tugas menegakkan aturan," tegasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper