Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengajuan Paspor di Palu Terus Meningkat

Permintaan dokumen keimigrasian berupa paspor di wilayah Palu, Sulawesi Tengah kurun waktu dua tahun terakhir ini mengalami peningkatan cukup menggembirakan dibandingkan sebelumnya.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, PALU – Permintaan dokumen keimigrasian berupa paspor di wilayah Palu, Sulawesi Tengah kurun waktu dua tahun terakhir ini mengalami peningkatan cukup menggembirakan dibandingkan sebelumnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Suparman, membenarkan adanya peningkatan dimaksud. Ia menjelaskan sekarang ini setiap harinya orang yang datang membuat paspor di Kantor Imigrasi Palu rata-rata 70 pemohon.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kata dia, jumlah pemohon paspor sudah paling banyak 30 orang per hari. Peningkatannya cukup signifikan, erat kaitanya dengan semakin banyak orang yang hendak bepergian keluar negeri, terutama menjalankan umroh dan ibadah haji.

“Berarti tingkat ekonomi masyarakat di Sulteng sudah lebih meningkat pula,” ujarnya, Jumat (17/11/2017). Dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat, pihaknya telah menambah alat untuk pemotretan yang sebelumnya hanya satu unit, sekarang ini sudah ada tiga unit.

Dengan adanya tambahan alat foto (pemotretan) tidak lagi harus antre berjam-jam baru mendapatkan layanan pemotretan paspor. Bahkan, kata dia, dalam waktu dekat ini, Kantor Imigrasi Palu juga akan menandatangani nota kesepakahaman (MOu) dengan Kantor Pos Indonesia.

Bentuk kerja sama dimaksud adalah menyangkut pengiriman paspor kepada pemohon bersangkutan sampai ke alamat domisili. Para pemohon paspor setelah selesai foto sudah bisa langsung pulang ke rumah dan paspor akan diantarkan oleh petugas kantor pos ke alamat masing-masing.

Langkah tersebut sebagai bentuk komitmen dari Kantor Imigrasi Palu dalam memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat, terutama mereka yang datang dari berbagai kabupaten/kota di Sulteng mengurus paspor di Palu. Semua pengurusan paspor masih terpusat di Kantor Imigrasi Palu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler