Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengajuan Klaim Asuransi Astra Naik 20% di Semester Kedua

PT Asuransi Astra Buana mencatat pengajuan klaim pada semester kedua berjalan di Makassar mengalami tren kenaikan secara rerata bulanan.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Asuransi Astra Buana mencatat pengajuan klaim pada semester kedua berjalan di Makassar mengalami tren kenaikan secara rerata bulanan.

Kepala Asuransi Astra Cabang Makassar Rangga S. mengatakan pengajuan klaim sebagian besar berasal dari lini bisnis asuransi kendaraan bermotor sejalan dengan membaiknya pasar otomotif di wilayah cakupan operasional.

Meski enggan menyebutkan besaran detail nilai klaim yang dibayarkan, Rangga memberikan gambaran volume pengajuan klaim polis mencapai sekitar 160-170 kasus per bulan sepanjang semester kedua berjalan ini.

Dia membandingkan rata-rata pengajuan klaim sepanjang semester pertama lalu yang berada pada volume sekitar 140 kasus per bulan atau bergerak naik sekitar 20% dibandingkan dengan semester sebelumnya.

"Kenaikan jumlah pengajuan klaim ini dipengaruhi oleh tren pembelian kendaraan di awal semester II/2017 lalu, pembelian polis asuransi kami ikut bertambah," katanya, Senin (23/10/2017).

Menurut dia, pengajuan klaim sebagian besar disebabkan oleh kerusakan kendaraan berskala kecil terutama pada segmen roda empat yang cenderung terkonsentrasi di perkotaan, di mana kerap megalami lecet dan senggolan dalam lalu lintas padat.

Adapun besaran pembayaran klaim juga relatif berbeda sesuai dengan tingkat kerusakan yang menjadi pertanggungan perusahaan.

Rangga menguraikan, secara umum besaran nilai klaim pada setiap kendaraan bervariasi dengan rentang mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 juta serta segelintir berada di atas nilai tersebut.

Kemudian untuk bengkel yang menjadi mitra Asuransi Astra di Makassar terdiri dari jaringan bengkel dalam lingkup Astra Group maupun jaringan yang memiliki afiliasi serta bengkel swasta lainnya.

"Seperti jaringan bengkel Kalla Toyota, Astra Daihatsu serta Isuzu yang memiliki kapasitas sesuai yang dipersyaratkan.
Selain itu, kami juga bekerjasama dengan bengkel di luar afiliasi yang berlokasi di Makassar," katanya.

Untuk memudahkan layanan klaim, lanjutnya, tersedia Oto-Claim sebuah layanan berbasis digital yang turut memangkas waktu proses klaim.

"Proses klaim, aplikasi ini sangat membantu, tidak hanya prosesnya dipangkas tapi juga waktunya. Proses awalnya bisa sampai 30 menit. Setelah launching Oto survey proses klaim dipangkas menjadi 10 sampai 15 menit," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper