Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Tepian DAS Tondano Mendorong Penataan Wilayah

Revitalisasi tepian daerah aliran sungai atau DAS, sudah mencapai 50% dari target 4,8 kilometer yang ditetapkan pemerintah kota Manado dan Japan International Cooperation Agency (JICA).
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, MANADO – Revitalisasi tepian daerah aliran sungai atau DAS, sudah mencapai 50% dari target 4,8 kilometer yang ditetapkan pemerintah kota Manado dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Pembangunannya sementara berjalan, dan lebar sungai Tondano ditambah sampai 30 meter, sesuai target," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelibangda) Manado, Linny Tambayong, Rabu (4/10/2017).

Tambayong mengatakan, revitalisasi yang merupakan program dari Japan International Cooperation Agency (JICA), dan sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, diharapkan selesai tepat pada waktunya.

Untuk pembangunan tersebut, kata Tambayong, kemudian di sisi kiri dan kanan jalan akan dibangun jalan inspeksi, sehingga bisa dimasuki oleh kendaraan dengan mudah, juga taman-taman tematik, ruang terbuka publik, taman ramah anak, pertanian perkotaan, sarana olahraga dan bersepeda.

"Dengan revitalisasi tersebut, diharapkan bisa mengembalikan fungsi sungai, serta penataan di kawasan tepian DAS dapat berjalan dengan baik," katanya. Terutama menurutnya, bisa membantu menyelesaikan masalah pemukiman kumuh yang ada di tepian DAS, sebab nanti juga di lokasi tersebut akan dibangun rumah susun.

Menurut Linny, sebelumnya lebar sungai itu berbeda, ada yang 12, 15 sampai 20 meter, untuk revitalisasi semuanya dibangun sama menjadi 30 meter, sehingga menjadi sama semuanya.

Dia mengatakan, sebelum pembangunan dilaksanakan pemerintah kota sudah melakukan pembebasan lahan di sekitar tepian DAS Tondano, sehingga nantinya pembangunan berjalan dengan baik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper