Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadji Kalla Tambah Jaringan Pemasaran Baru

Diler utama kendaraan merk Toyota di Sulawesi, PT Hadji Kalla memperkuat penetrasi maupun pelayanan purna jual di Sulawesi Selatan melalui penambahan jaringan di daerah tersebut.
Ilustrasi./astra.co.id
Ilustrasi./astra.co.id

Bisnis.com, MAKASSAR - Diler utama kendaraan merk Toyota di Sulawesi, PT Hadji Kalla memperkuat penetrasi maupun pelayanan purna jual di Sulawesi Selatan melalui penambahan jaringan di daerah tersebut.

CEO Hadji Kalla (Kalla Toyota) Hariyadi Kaimuddin mengemukakan perluasan jaringan tersebut direalisasikan di Kabupaten Gowa yang merupakan salah satu pasar terbesar kedua setelah Makassar untuk wilayah penjualan di Sulsel.

Dia menjelaskan, pemilihan Gowa sebagai titik penetrasi perusahaan juga mengacu pada sisi aksesibilitas yang lebih mudah dijangkau oleh pelanggan dengan domisili pada kabupaten yang berada di wilayah selatan Sulsel.

"Orientasi kami lebih kepada pelayanan bagi pelanggan, masyarakat lebih mudah dan nyaman dalam memiliki kendaraan Toyota," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (1/10/2017).

Sekedar diketahui, Sulsel merupakan pasar utama Kalla Toyota di Sulawesi yang mencakup empat provinsi utama di regional tersebut.

Kemudian jika diperinci lebih lanjut, Gowa serta kabupaten yang berada di wilayah selatan Sulsel merupakan penyerap tertinggi kedua kendaraan Toyota setelah Makassar.

Secara kumulatif, penambahan jaringan Kalla Toyota di Gowa tersebut sekaligus menjadikan kepemilikan outlet perseroan menjadi 21 unit yang tersebar secara proporsional di Sulsel, Sulbar, Sulteng serta Sultra.

Khusus di Sulsel sendiri, penjualan Toyota yang dimotori Hadji Kalla mencatatkan penguasaan pasar hingga 40% atau mengungguli seluruh pabrikan otomotif yang juga memasarkan produknya di daerah tersebut.

Merujuk pada data penjualan rill mobil seluruh segmen yang tercatat di Samsat Sulsel, sepanjang paruh pertama 2017 lalu mencapai 2.325 unit per bulan.

Meskipun angka tersebut melambat jika dibandingkan dengan tahun lalu lantaran didera kondisi perekonomian, kinerja pasar otomotif Sulsel relatif mencatatkan grafik pemulihan secara rerata bulanan.

Pasar otomotif Sulsel diperkirakan menemukan momentum di semester kedua ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang berada pada level moderat.

Dengan kondisi demikian, Hariyadi optimistis kinerja Toyota juga akan berada pada level yang optimal ditunjang oleh serangkaian langkah penguatan layanan diantaranya ekspansi jaringan di Gowa.

Adapun jaringan anyar Kalla Toyota di Kabupaten Gowa dijadwalkan beroperasi sekaligus diresmikan pada Senin (2/10/2017), yang juga diperuntukkan bagi pelanggan atau masyarakat di wilayah selatan Sulsel.

GM Marketing Kalla Toyota Tarsimin sebelumnya mengatakan realisasi penjualan perusahaan secara kumulatif di wilayah opersional sekitar 7.000 unit hingga kuartal ketiga berjalan tahun ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler