Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sapi di Makassar Mulai Ramai, Harga Sampai Rp80 Juta per Ekor

Sejumlah pedagang sapi musiman mulai bermunculan di beberapa titik Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).
Sapi yang dijual Kartini di Jalan Hertasning Kota Makassar./Bisnis-Nugroho Nafika Kassa.
Sapi yang dijual Kartini di Jalan Hertasning Kota Makassar./Bisnis-Nugroho Nafika Kassa.

Bisnis.com, MAKASSAR - Sejumlah pedagang sapi musiman mulai bermunculan di beberapa titik Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjelang Iduladha 2023. Mereka menawarkan sapi mulai dari Rp11,8 juta hingga paling mahal Rp80 juta.

Berdasarkan pantauan Bisnis, lokasi yang saat ini sudah mulai banyak ditempati para pedagang yaitu di sepanjang Jalan Hertasning Kota Makassar sampai perbatasan Kabupaten Gowa. Setidaknya sudah terpantau ada tiga pedagang yang membuka lapak di pinggir jalan tersebut.

Salah satu pedagang, Kartini, mengatakan dirinya memang rutin menjual sapi di lokasi tersebut tiap tahun menjelang hari raya kurban. Dia mendirikan sendiri lapaknya menggunakan bambu dan terpal di tanah kosong yang dia sewa dari pemilik lahan.

"Memang sudah tiap tahun saya menjual di sini. Tempat ini saya sewa kurang dari satu bulan saja, nanti satu hari sebelum Iduladha juga sudah saya tutup lagi," katanya, Rabu (14/6/2023).

Dia menambahkan jika sapi-sapi yang dijual tersebut berasal dari Kabupaten Sinjai dan Malino Kabupaten Gowa. Sengaja dipasarkan di Makassar karena kebutuhan kurban di kota ini lebih banyak. Bahkan tahun lalu dia bisa meraup keuntungan lima kali lipat dibanding hari biasanya.

Ada beberapa jenis sapi yang dijualnya, mulai dari sapi bali hingga sapi limosin. Harga yang dipatok pun beragam, mulai Rp11,8 juta sampai Rp28 juta perekornya, berdasarkan jenis dan berat sapi tersebut.

"Ini yang paling kecil sapi bali saya jual Rp11,8 juta, ada yang Rp17 juta ukuran sedang, ada juga yang paling besar Rp28 juta. Untuk sapi limosin juga harganya Rp28 juta, bahkan sekarang sapi limosin sudah ada beberapa yang laku," tambahnya.

Kartini pun memastikan jika semua sapi yang dijualnya dalam keadaan sehat, karena telah divaksinasi sebelum diangkut ke Makassar. Hal tersebut bisa dibuktikan dari surat keterangan kesehatan yang dimiliki untuk para sapinya.

"Saya malah tidak berani jual sapi yang belum diperiksa karena beberapa pembeli pasti tanyakan itu," ungkapnya.

Sementara pedagang lainnya, Mansyur, juga menjual sapi dengan harga yang cukup variatif namun masih terjangkau. Sapi yang dijualnya berjenis sapi simental dengan harga mulai Rp12 juta hingga yang paling mahal Rp80 juta, tergantung bobot dan jenis sapi. 

"Sekarang paling murah Rp12 juta saya jual, kalau tahun lalu masih ada yang Rp11 juta. Saya jamin semua sapi yang saya jual aman dari penyakit," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler