Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

APBD Sulsel 2023, Pendapatan Rp10,1 Triliun dan Belanja Rp9,9 Triliun

Sulsel berkomitmen terus mewujudkan pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 30 November 2022  |  18:54 WIB
APBD Sulsel 2023, Pendapatan Rp10,1 Triliun dan Belanja Rp9,9 Triliun
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kiri) bersama Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika menandatangani penetapan APBD Sulsel Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Sulsel. - Pemprov Sulsel
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama DPRD Sulsel telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 dengan alokasi pendapatan Rp10,1 triliun dan anggaran belanja Rp9,9 Triliun.

"Alhamdulillah telah dilakukan persetujuan bersama antara DPRD dengan pemerintah provinsi terhadap Ranperda tentang APBD TA 2023," ujar Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (30/11/2022).

Dia mengatakan, melalui APBD tersebut, pihaknya akan terus berkomitmen dalam mewujudkan pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat dalam mewujudkan Sulsel yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.

Kondisi ekonomi Sulsel diklaim Andi Sudirman diklaim terus mengalami perkembangan yang semakin membaik, pada triwulan III/2022 saja bisa tumbuh 5,67 persen. Sementara pengangguran juga terus mengalami penurunan, laju inflasi menurun, dan angka kemiskinan juga menurun.

Sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan tetap menjadi sektor strategis, sebagai kekuatan ekonomi masyarakat Sulsel, disinergikan dengan sektor UMKM, industri dan perdagangan.

Serta mendorong BUMDES, koperasi dan lembaga ekonomi keuangan lainnya untuk menyatukan segenap potensi guna pencapaian target pertumbuhan yang semakin baik pada 2023 mendatang.

"Untuk penetapan program pembentukan peraturan daerah atau Propemperda Sulsel 2023, diharapkan agar Ranperda yang diprogramkan dapat terealisasi sesuai perencanaan yang telah disusun," harap Andi Sudirman.

Penetapan ini ditandai penandatanganan oleh Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Sulsel.

Rapat paripurna ini dengan agenda penetapan program pembentukan peraturan daerah atau Propemperda Provinsi Sulsel tahun 2023, serta persetujuan bersama antara DPRD dan Gubernur Sulsel terhadap Ranperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel apbd
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top