Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Gelar Electrifying Lifestyle Festival 2022 di Parepare

PLN terus mendorong gaya hidup baru pengunaan kendaraan listrik di masyarakat salah satunya dengan menggelar acara Electrifying Lifestyle Festival 2022
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 08 November 2022  |  10:37 WIB
PLN Gelar Electrifying Lifestyle Festival 2022 di Parepare
Foto: PLN gelar Electrifying Lifestyle Festival 2022 di Parepare
Bagikan

Bisnis.com, PAREPARE – PLN terus mendorong gaya hidup baru pengunaan Kendaraan listrik di masyarakat, khususnya Parepare, salah satunya dengan menggelar acara Electrifying Lifestyle Festival 2022 di halaman Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare, Sulawesi Selatan.

Acara yang mengusung tema “UMKM Tumbuh Bersama Energi Listrik” bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari Komunitas UMKM Kota Parepare dan beberapa distributor resmi kendaraan listrik (Hyundai dan Wuling) yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 26-27 Oktober 2022.

Manager PLN UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti mengatakan tujuan acara ini yakni untuk mengkampanyekan gaya hidup baru penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat Kota Parepare.

“Sebagai wujud akselerasi PLN dalam mensukseskan ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle di Indonesia sekaligus mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan energi bersih, kualitas udara yang bersih dan ramah lingkungan,” ujar Rizky Ardiana Bayuwerti.

Rizky menambahkan PLN akan terus mendukung perkembangan serta pertumbuhan UMKM Kota Parepare dan sekitarnya sebagai penggerak roda perekonomian dengan menghadirkan 13 tenant dari sektor kuliner serta mendukung program konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik.

Pasalnya, ketika dihitung secara rinci, biaya yang dikeluarkan pengendara mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan dengan pengendara mobil BBM. Untuk 1 liter bensin setara dengan 1,2 kWh listrik dengan jarak tempuh yang sama, maka satu liter bensin Rp 14-15 ribu sementara 1,2 kwh listrik hanya Rp 1.800 jadi pengurangan biaya yang luar biasa ini bisa seperlima.

Sementara, dari sisi emisi yang dikeluarkan, setiap satu liter bensin menghasilkan emisi CO2 sebesar 2,4 kg. Sementara jika dari listrik PLN yang bersumber dari Pembangkit berbahan bakar gas, batu bara dan energi terbarukan hanya menghasilkan emisi CO2 sekitar 1200 gram.

Kepala bagian Perekonomian Pemerinta Kota Parepare, Rudy M, mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung era kendaraan listrik di Parepare, salah satunya dengan kegiatan Electrifying Lifestyle 2022 sekaligus menghadirkan SPKLU di PLN UP3 Parepare.

"SPKLU menjadi tanda komitmen PLN untuk mendukung pemerintah guna mendukung era Kendaraan Listrik sekaligus menjadi terobosan inovasi yang baik dalam mendukung konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke listrik serta pengurangan emisi CO2,” Ujar Rudy.

Sumarlin, pengusaha minuman Upgrade mengapresiasi acara Electrifying Lifestyle 2022 yang diselenggarakan oleh PLN UP3 Parepare.

“Sungguh luar biasa, dengan konsep yg berbeda dengan menghadirkan dan melibatkan pelaku UMKM di dalamnya. Kami berharap semoga PLN semakin menerangi, semakin lebih baik dan tumbuh produktif dengan mendukung UMKM serta selalu menjadi mitra UMKM untuk Ekonomi Indonesia Lebih Maju bersama Energi Listrik,” ujar Sumarlin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN umkm Mobil Listrik
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top