Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Wilayah 3T Sulsel

Enam pulau di Sulsel yang masuk dalam wilayah 3T menjadi sasaran layanan ini demi menjamin tersedianya uang layak edar.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 22 September 2022  |  17:37 WIB
Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Wilayah 3T Sulsel
Pembukaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 di Pangkalan Utama TNI AL, Kamis (22/9/2022) - Bank Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang di enam pulau Sulawesi Selatan (Sulsel) yang masuk dalam wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) demi menjamin tersedianya uang rupiah yang layak edar.

Keenam pulau tersebut antara lain Pulau Kapoposang, Pulau Sarappo Lompo, Pulau Bonerate, Pulau Rajuni, Pulau Jampea, dan Pulau Pasi Gusung Selayar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Causa Iman Karana mengatakan pembukaan layanan ini akan berlangsung selama tujuh hari mulai 22 September2022  hingga 28 Septermber 2022.

Kegiatan yang diberi nama Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 ini ditambahkan Causa telah dilakukan Bank Indonesia bersama TNI AL secara berkelanjutan sejak 2016 lalu.

"Kami rutin melaksanakan ini bersama TNI AL. Kegiatan semacam ini telah terlaksana sebanyak tujuh kali sejak 2016 lalu," kata Causa di Makassar, Kamis (22/9/2022).

Dalam pelaksanaannya dia berharap kualitas uang rupiah yang beredar di wilayah 3T dalam kondisi layak edar, jumlah nominal yang cukup, serta pecahan yang sesuai.

"Kami ingin masyarakat dapat semakin mencintai, bangga dan memahami rupiah. Kehadiran rupiah di seluruh pelosok negeri merupakan salah satu wujud nyata kontribusi kami dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI," ujarnya.

Selain melakukan layanan penukaran uang, Bank Indonesia juga akan melakukan sosialisasi atau edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah. Selain itu juga akan ada penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Lebih lanjut, Bank Indonesia juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulsel yang akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat dan sunatan gratis bagi anak-anak yang ada di pulau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia Rupiah
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top