Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Listriki 12 Desa dan Dusun Terpencil di Sulawesi

Dengan mmbangun JTM 17,78 kms, JTR 16,96 kms, dan 7 Gardu Distribusi, PLN Listriki desa dan dusun wilayah Sulselrabar.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  23:37 WIB
PLN Listriki 12 Desa dan Dusun Terpencil di Sulawesi
Petugs PLN tengah mengecek meteran listrik di Dusun Pasang Kabupaten Sidrap,Sulawesi Selatan - PLN
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PLN berhasil melistriki 12 desa dan dusun terpencil yang tersebar di Sulawesi dengan pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 17,79 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 16,96 kms, dan 7 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 500 kilo Volt Ampere (kVA).

Ke-12 desa dan dusun tersebut tersebar di Sulawesi Selatan (Sulsel) sebanyak satu dusun, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak dua desa, dan Sulawesi Barat (Sulbar) sebanyak sembilan dusun.

Di Sulsel yaitu Dusun Pasang Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di Sultra yaitu Desa Iwoimea Dusun 1 dan 2 Kabupaten Kolaka Timur, dan Desa Lerehoma Dusun 3 Kabupaten Konawe.

Sementara di Sulbar antara lain Dusun Aholeang, Dusun Rui, Dusun Tallu Banua, dan Dusun Podang di Kabupaten Majene. Kemudian Dusun Mojopahit, Dusun Batu Meappar, Dusun Lolle di Kabupaten Polewali Mandar. Selanjutnya Dusun Salurumbia dan Dusun Saluandeang di Kabupaten.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Awaluddin Hafid mengatakan investasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini bernilai Rp2,3 milyar. Total sebanyak 575 pelanggan yang berada di desa dan dusun tersebut telah menikmati listrik.

Awaluddin menambahkan, upaya ini merupakan langkah PLN dalam rangka meningkatkan Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa Berlistrik dalam rangka pemerataan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kehadiran listrik di desa daerah terpencil ini dapat memperluas pemerataan kelistrikan. Sampai dengan Juli 2022, total Rasio Elektrifikasi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat tercatat sebesar 99,64 persrn," terang Awaluddin, Kamis (18/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top