Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEMANGAT PINISI “Recover Together, Recover Stronger”

Gernas BBI dan BWI diharapkan bisa turut mendukung upaya pemulihan dan kebangkitan kembali perekonomian nasional.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  10:14 WIB
Gambar: Semangat PINISI BBIBWISulsel2022
Gambar: Semangat PINISI BBIBWISulsel2022

Bisnis.com, SULAWESI SELATAN - Pada tanggal 14 Mei 2020, Presiden Republik Indonesia, Bp. Joko Widodo, telah meresmikan/mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diselaraskan dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BWI). Melalui Gernas BBI dan BWI, masyarakat Indonesia diharapkan semakin mencintai dan bangga dalam menggunakan berbagai produk dan karya anak bangsa, utamanya yang berasal dari UMKM lokal.

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk selalu memilih dan bangga berwisata di Indonesia. Ditengah situasi pandemi yang mengguncang perekonomian global, Gernas BBI dan BWI diharapkan bisa turut mendukung upaya pemulihan dan kebangkitan kembali perekonomian nasional.

Penekanan peran UMKM dalam Gernas BBI dan BWI ini bukanlah tanpa alasan. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah tahun 2021, UMKM menjadi salah satu motor utama penggerak perekonomian Indonesia. Jumlah pelaku UMKM di Indonesia sebanyak 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 97% dari total tenaga kerja yang ada atau sebanyak 117 juta pekerja. Lebih lanjut, UMKM dapat menghimpun sampai 60,42% dari total investasi di Indonesia.

UMKM memiliki peran penting dalam menyediakan jaring pengaman sosial ekonomi masyarakat. Lokasi UMKM yang tersebar hingga ke berbagai penjuru Indonesia telah berperan besar dalam menopang kehidupan masyarakat. UMKM juga memperluas penyerapan dan kesempatan kerja serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Namun, saat pandemi COVID-19 terjadi, sektor UMKM turut menjadi yang paling terdampak. Menghadapi situasi ini, para pelaku UMKM membutuhkan dukungan untuk bisa kembali bangkit, dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Berlandaskan semangat untuk mewujudkan tujuan Gernas BBI dan BWI, pada bulan Februari 2022, Sulawesi Selatan akan menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI 2022. Dalam kesempatan ini, Bank Indonesia terpilih menjadi Movement Manager rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI Sulawesi Selatan. Secara garis besar, kegiatan Gernas BBI BWI Sulsel pada bulan Februari 2022 ini akan diisi oleh Opening Ceremony (24 Februari 2022 di Makassar) serta rangkaian kegiatan lain sebelum dan sesudah Opening Ceremony.

Momen penyelenggaraan Gernas BBI dan BWI di Sulsel ini terasa semakin istimewa mengingat pada tahun 2022 ini bersamaan dengan Presidensi G20 Indonesia. G20 atau Group of Twenty merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa. G20 memiliki tujuan untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Presidensi G20 Indonesia dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” ini memiliki makna yang sangat penting.

Melalui presidensi ini, Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian nasional dan global. Lebih jauh, ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinan di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global.

Berangkat dari hal-hal dan semangat pemulihan ekonomi nasional dan global diatas, maka pelaksanaan Gernas BBI dan BWI Sulsel Februari 2022 ini sengaja mengusung tema SEMANGAT PINISI (Perkuat Inisiasi Nyata melalui Sinergi & Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi - Recover Together, Recover Stronger). Rangkaian acara Gernas BBI dan BWI Sulsel dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 24-27 Februari 2022.

Opening ceremony, yang adalah puncak promosi Gernas BBI & BWI Sulsel, akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2022 di Kota Makassar. Kegiatan ini rencananya akan diikuti secara hybrid oleh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia bersama jajaran Menteri Pemerintah Pusat (menunggu konfrimasi kehadiran lebih lanjut). Opening ceremony akan diisi oleh beberapa acara utama, diantaranya: penandatanganan MoU, harvesting 1000 on boarding UMKM tahun 2022, harvesting ekspor, dan kampanye BBI BWI kepada kelompok masyarakat milenial dan zilenial. Semua ini dilakukan dalam rangka perluasan promosi produk dan digitalisasi UMKM, serta meningkatkan awareness dan engagement masyarakat terhadap filosofi dan tujuan Gernas BBI dan BWI.

Bersamaan dengan pelaksanaan Opening Ceremony, juga akan diselenggarakan Showcasing Produk UMKM secara luring, dengan fasilitas QRIS sebagai media transaksi pembayaran digital, pada tanggal 24-27 Februari 2022 di Trans Studio Mall Makassar. Kegiatan ini terselenggara berkat sinergi dan dukungan dari berbagi pihak, khususnya perbankan, Pemerintah Daerah, dan para pelaku UMKM.

Beberapa rangkaian kegiatan lainnya juga diselenggarakan sebelum Opening Ceremony. Kurasi Produk UMKM di Rumah Kurasi Sulsel, yang adalah kegiatan evaluasi dan seleksi produk UMKM oleh Dewan Kurasi, merupakan bentuk dukungan agar produk UMKM Sulawesi Selatan memiliki competitive advantages sehingga bisa memperluas akses pasar di dalam dan luar negeri.

Sementara itu, dalam rangka mewujudkan UMKM go digital, dilaksanakan Program On Boarding UMKM. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan transformasi UMKM yang terhubung ke media pemasaran online secara aktif, serta dapat memanfaatkan platform digital secara berkelanjutan dan terarah. Sementara itu, untuk mendorong pengembangan UMKM melalui fasilitasi kerja sama UMKM dengan buyer potensial, aggregator dan perbankan, dilakukan kegiatan Business Matching UMKM.

Agar sosialisasi kegiatan Gernas BBI BWI Sulsel tahun 2022 semakin masif, dilakukan Sosialisasi Milenial dan Zillenial kepada generasi muda Sulsel. Tidak lupa, untuk menciptakan vibes positif dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan Gernas BBI & BWI, turut dilaksanakan rangkaian event yang menarik awareness dan engangement masyarakat antara lain Panganreang, Cita Rasa Sulampua, Assapeda Wisata Rupiah, Bangga Fesyen ta’ , Mabicara BBI & BWI, UMKM Rewako (Pelatihan dan Pendampingan UMKM) - Resilient, World Class, Agile & Knowledgeable.

Untuk informasi selengkapnya mengenai rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI Sulsel ini dapat dilihat pada akun Instagram Bank Indonesia Sulawesi Selatan: @bank_indonesia_sulsel atau hashtag #BBIBWISulsel2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top