Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Meningkat 32,38 Persen

Dibandingkan H-7 hingga H-5 Natal tahun lalu, jumlah penumpang yang naik dan turun mengalami peningkatan sebesar 32,38 persen.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  21:33 WIB
Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Meningkat 32,38 Persen
Kapal milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) KM Dobonsolo merapat di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar pada momen Natal tahun ini mengalami peningkatan arus penumpang kapal khususnya di Pelabuhan Makassar. Peningkatannya sebesar 32,38 persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Enriany Muis mengatakan peningkatan tersebut diperoleh melalui aktivitas arus naik dan turun penumpang kapal di Pelabuhan Makassar saat H-7 hingga H-5 Natal tahun ini.

“Dibandingkan H-7 hingga H-5 Natal tahun lalu, jumlah penumpang yang naik dan turun mengalami peningkatan sebesar 32,38 persen, yaitu dari 5.105 orang menjadi 6.758 orang pada periode yang sama tahun ini,” sebut Enriany.

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan akan naiknya penumpang, Pelindo telah menyiapkan koneksi dan perlengkapan CCTV yang memadai di ruang tunggu terminal penumpang. Pelindo juga telah menyiapkan area atau ruang untuk beristirahat bagi penumpang lanjutan.

Selain itu telah disiapkan pula alat bantu berupa kursi roda untuk penumpang kapal yang disabilitas, juga tersedia juga ruang khusus untuk penumpang yang sedang menyusui agar.

“Kami juga senantiasa melakukan update jadwal kapal untuk lebih memudahkan penumpang memantau keberangkatan yang akan dilakukan,” ungkapnya.

Enriany menambahkan, sejak H-7 pihaknya bersama dengan instansi terkait, di Pelabuhan Makassar juga telah mendirikan posko bersama Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Tujuannya untuk lebih memudahkan pemantauan arus penumpang kapal di wilayahnya.

Mengingat tahun ini masih masa pandemi Covid-19, pihak Pelindo dikatakan Enriany juga tetap menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang. Salah satunya telah disiapkan dua bilik disinfektan di terminal penumpang dan alat pengukur suhu bagi calon penumpang kapal.

"Kami tetap memerhatikan keamanan dan kenyamanan para penumpang dengan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19 bagi penumpang naik dan turun. Kami juga memasang spanduk himbauan terkait prokes pencegahan penularan Covid-19," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar pelayaran sulsel pelindo iv Natal dan Tahun Baru
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top