Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Bantu Pengembangan Destinasi Wisata Bukit Bollangi Gowa

Pengembangan rest area juga dimaksudkan agar pelaku UMKM yang berada di wilayah destinasi memperoleh manfaat seiring dengan trafik kunjungan wisatawan ke Wisata Bukit Bollangi.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 02 Juni 2021  |  08:29 WIB
Bendungan Bilibili Sebagai Visual Utama dari Destinasi Bukit Bollangi  -  JIBI
Bendungan Bilibili Sebagai Visual Utama dari Destinasi Bukit Bollangi - JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pengelola destinasi wisata Bukit Bollangi Gowa, Sulawesi Selatan, mendapatkan bantuan pengembangan dan pembenahan fasilitas penunjang dari PT PLN (Persero) sebagai upaya menguatkan daya tarik wisatawan ke tempat tersebut.

Pengembangan rest area juga dimaksudkan agar pelaku UMKM yang berada di wilayah destinasi memperoleh manfaat seiring dengan trafik kunjungan wisatawan ke Wisata Bukit Bollangi.

Adapun bantuan yang PLN serahkan berupa bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) sebesar Rp70 juta yang diterima oleh Kepala Desa Timbuseng, Rabaking.

Sebagai informasi, Wisata Bukit Bollangi terletak di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Sulawesi Selatan. Bukit Bollangi menawarkan keindahan alam Bendungan Bilibili dari ketinggian yang oleh khalayak banyak direpresentasikan menyerupai bentang alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua Barat.

Alasannya, karena di tengah Bendungan Bilibili terdapat beberapa gugusan daratan kecil yang terlihat seperti pulau dan kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagu wisatawan.

Adapun Wisata Bukit Bollangi dikelola oleh BUMDes desa Timbuseng di ketuai oleh Ikbal dan Kepala Desa Timbuseng sebagai penasehat.

Kendati demikian, keindahan Bukit Bollangi tidak paralel dengan pendapatan masyarakat sekitar destinasi, dikarenakan sarana dan prasarana pendukung wisata yang masih kurang memadai. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor kurangnya minat wisatawan berkunjung, ditambah situasi pandemi jumlahnya semakin menurun.

“Sehingga kami sampaikan kepada PLN, rencana pengelolaan Wisata Bolangi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Alhamdulilah di respon dengan baik” tutur Rabaking.

Bantuan yang diserahkan oleh PLN rencananya akan digunakan untuk membangun tempat istirahat sementara agar wisatawan yang berkunjung dapat bersantai dan menikmati pemadangan. Di tempat peristirahatan sementara itu nantinya akan dibangun 10 unit Container Box untuk UMKM berjualan ditambah dengan meja, kursi dan sedikit dekorasi untuk mempercantik.

Dalam kesempatan berbeda, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi (UIP Sulawesi) Nur Akhsin menyampaikan bantuan yang PLN berikan kepada Wisata Bolangi Ampat dapat bermanfaat untuk UMKM di Desa Timbuseng. Sehingga tujuan dari pemberian ini dapat tercapai sebagai mana mestinya.

PLN melalui program PLN Peduli akan membantu meningkatkan perekonomian di Desa Timbuseng dengan memajukan UMKM. Sehingga UMKM di Desa Timbuseng dapat meningkatkan pengelolaan Bukit Bollangi.

“Kami berharap dengan adanya tempat peristirahatan sementara yang nyaman dapat menjadi nilai tambah untuk wisatawan yang datang ke Bukit Bollangi," katanya dalam rilis, Rabu (2/6/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata pariwisata
Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top