Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Makassar

Layanan 5G ini sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota, salah satunya di Kota Makassar
Foto: dok. Telkomsel
Foto: dok. Telkomsel

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan jaringan 5G setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pada tahap pertama, komersialisasi layanan 5G ini sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota, salah satunya di Kota Makassar melalui GraPARI Pettarani.

Adapun perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Makassar
Foto: dok. Telkomsel

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Sebagai langkah awal untuk menikmati layanan ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Menurut Setyanto, hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, namun juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal.

Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Makassar

Foto: dok. Telkomsel

"Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital," jelasnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (28/5/2021).

Dia menjelaskan, peluncuran Telkomsel 5G juga sekaligus menjadi milestone penting bagi Telkomsel yang genap 26 tahun hadir melayani Indonesia tepat pada 26 Mei 2021.

"Langkah progresif dan strategis ini menjadi bagian dari peta jalan transformasi perusahaan yang kini telah mengukuhkan diri sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia untuk terus mendorong kemajuan bangsa dengan memperkuat kapabilitas digital nasional," terangnya.

Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Makassar

Foto: dok. Telkomsel

Lanjutnya, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur,  pertanian, dan lainnya, melalui solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Selain di Makassar, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di 9 (sembilan) kota, yang  di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera).

Pada titik lainnya, jaringan 5G telkomsel juga tersedia di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler