Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDAM Kota Palu Salurkan Air Bersih ke Kawasan Relokasi Hunian Tetap

PDAM akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di kawasan huntap.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  17:23 WIB
Pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban gempa, tsunami, dan likuefaksi Kota Palu, Sulawesi Tengah, di lokasi relokasi Kelurahan Tondo dan Talise, Kecamatan Mantikulore, yang disediakan Buddha Tzu Chi sekitar 1.500 unit./Antara - Moh. Ridwan
Pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban gempa, tsunami, dan likuefaksi Kota Palu, Sulawesi Tengah, di lokasi relokasi Kelurahan Tondo dan Talise, Kecamatan Mantikulore, yang disediakan Buddha Tzu Chi sekitar 1.500 unit./Antara - Moh. Ridwan

Bisnis.com, PALU — Perusahaan Daerah Air Minum Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, membantu melayani suplai air bersih di kawasan relokasi hunian tetap Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore.

Kepala PDAM Palu Alfian mengatakan bahwa sumber air baku yang digunakan warga di kawasan hunian tetap (huntap) Tondo bersumber dari Sungai Watutela dengan kekuatan debit air lima liter per detik.

"Sungai Watutela sumber air baku untuk melayani huntap di kawasan relokasi Tondo, termasuk melayani pelanggan kami di sejumlah wilayah," kata Alfian, Jumat (26/3/2021).

Saat ini, posisi PDAM Palu masih sebatas membantu dan belum terlibat sepenuhnya pengaturan air bersih. Oleh karena itu, PDAM akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di kawasan huntap.

Termasuk, membangun kesepakatan mengganti pipa penyuplai ukuran dua inci menjadi tiga inci, supaya debit air lebih banyak mengalir.

"Setahun terakhir air bersih dikelola PDAM selalu dialiri ke huntap meskipun tidak sepenuhnya, karena kewenangan pengelolaan air bersih di tangani Kementerian PUPR," ujar Alfian.

Rencananya, jika dalam pertemuan antara pihaknya dan PUPR dihasilkan kesepakatan, PDAM berencana menetapkan tarif karena selama ini pelayanan air bersih khusus di kelola PDAM Palu belum berbayar pada kawasan huntap Tondo.

Menurut dia, pada bulan suci Ramadan nanti kebutuhan rumah tangga atas air bersih meningkat sehingga perlu langkah strategis untuk menjaga ketersediaan apabila sewaktu-waktu tidak tersalur secara merata atau mengalami macet.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam air bersih

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top