Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kesadaran Penggunaan Masker di Sulsel Makin Turun

Tren kesadaran penggunaan masker semakin menurun berdasarkan survei yang telah dilakukan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  10:36 WIB
Makser N95  -  IST
Makser N95 - IST

Bisnis.com, MAKASSAR - Ketua Tim Konsultan Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengungkapkan bahwa tren kesadaran penggunaan masker semakin menurun berdasarkan survei yang telah dilakukan.

Persentase indeks penggunaan masker di masyarakat itu menurun dari 87 persen menjadi 77 persen.

"Persentasenya sekarng tinggal 77 persen, sebelumnya bisa di angka 87 persen. Ini menurun sejak 2-3 pekan terakhir," ujarnya di Makassar, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (29/10/2020).

Survei yang dilakukan setiap pekan itu menemukan penurunan kesadaran penggunaan masker hampir setiap titik-titik keramaian Sulsel, khususnya di Makassar.

Menurut Pakar Epideomologi Universitas Hasanuddin ini, penggunaan masker juga harus menggunakan penggunaannya secara tepat dan benar. Penggunaan yang kurang tepat tentu akan berpengaruh terhadap efektifitas fungsi penggunaan masker dalam menangkal penyebaran virus corona.

Prof Ridwan mengurai bahwa ada beberapa masker yang direkomendasikan yakni masker kain tiga lapis dan masker bedah (berwarna hijau atau biru).

Sedangkan ada juga masker yang tidak direkomendasikan seperti masker scuba karena dinilai tidak memberikan efek perlindungan namun hanya bersifat aksesoris saja.

Pada penggunaan masker secara benar, masker harus menutup rapat pinggiran muka khusunya menutupi hidung dan mulut sebagai media penyebaran virus, bukan hanya corona tetapi juga penyakit lainnya seperti flu dan batuk.

"Masker itu tidak digantung di leher dan dagu. Efektivitas penggunaan masker bisa 4-7 jam, sangat tergantung misalnya kita berkeringat, tentu itu tidak boleh digunakan terlalu lama dan segera harus diganti," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19

Sumber : Ant

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top