Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesadaran Penggunaan Masker di Sulsel Makin Turun

Tren kesadaran penggunaan masker semakin menurun berdasarkan survei yang telah dilakukan.
Makser N95 / IST
Makser N95 / IST

Bisnis.com, MAKASSAR - Ketua Tim Konsultan Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengungkapkan bahwa tren kesadaran penggunaan masker semakin menurun berdasarkan survei yang telah dilakukan.

Persentase indeks penggunaan masker di masyarakat itu menurun dari 87 persen menjadi 77 persen.

"Persentasenya sekarng tinggal 77 persen, sebelumnya bisa di angka 87 persen. Ini menurun sejak 2-3 pekan terakhir," ujarnya di Makassar, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (29/10/2020).

Survei yang dilakukan setiap pekan itu menemukan penurunan kesadaran penggunaan masker hampir setiap titik-titik keramaian Sulsel, khususnya di Makassar.

Menurut Pakar Epideomologi Universitas Hasanuddin ini, penggunaan masker juga harus menggunakan penggunaannya secara tepat dan benar. Penggunaan yang kurang tepat tentu akan berpengaruh terhadap efektifitas fungsi penggunaan masker dalam menangkal penyebaran virus corona.

Prof Ridwan mengurai bahwa ada beberapa masker yang direkomendasikan yakni masker kain tiga lapis dan masker bedah (berwarna hijau atau biru).

Sedangkan ada juga masker yang tidak direkomendasikan seperti masker scuba karena dinilai tidak memberikan efek perlindungan namun hanya bersifat aksesoris saja.

Pada penggunaan masker secara benar, masker harus menutup rapat pinggiran muka khusunya menutupi hidung dan mulut sebagai media penyebaran virus, bukan hanya corona tetapi juga penyakit lainnya seperti flu dan batuk.

"Masker itu tidak digantung di leher dan dagu. Efektivitas penggunaan masker bisa 4-7 jam, sangat tergantung misalnya kita berkeringat, tentu itu tidak boleh digunakan terlalu lama dan segera harus diganti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Amri Nur Rahmat
Sumber : Ant

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler