Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bunaken Bakal Dilengkapi 300 Homestay, 23 Unit Selesai Dibangun

Taman Nasional Bunaken dibuka kembali untuk wisatawan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  07:44 WIB
Lansekap salah satu penginapan murah di Bunaken - Bisnis/Lukas Hendra T.M.
Lansekap salah satu penginapan murah di Bunaken - Bisnis/Lukas Hendra T.M.

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah membangun sebanyak 300 homestay di kawasan Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, ujar Gubernur Olly Dondokambey.

"Pembangunan rumah swadaya untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang ini menjadi bukti besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pariwisata Sulut," sebut Gubernur Olly di Manado, Minggu (23/8/2020).

Gubernur Olly saat menyerahkan bantuan rumah swadaya pariwisata untuk warga di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, mengatakan bantuan tersebut berawal dari pertemuan dirinya bersama dengan Presiden Joko Widodo di Sulut beberapa waktu lalu.

Saat itu, Gubernur mengusulkan kepada Jokowi soal pembangunan homestay di kawasan pariwisata.

“Jadi begini Pak Presiden, di Kementerian PUPR ada Dirjen Perumahan, bagaimana sekali-sekali buat program bantu daerah pariwisata dengan program 'homestay'-nya. Ternyata Pak Presiden buat program ini," cerita Gubernur saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Program ini, lanjut dia, belum seluruhnya dilakukan di Indonesia, baru di Sulut.

"Kalau program bantu rumah-rumah banyak, seluruh Indonesia ada, tapi khusus 'homestay' baru ada di Sulut,” katanya.

Olly juga memuji komitmen dan perhatian Jokowi untuk membangun sektor pariwisata Sulut.

“Makanya di Bunaken ini kita membawa Pak Presiden, walaupun cuma melihat dari pelabuhan dermaga situ, Pak Presiden tahu apa yang maksud, dan ini hebat kita punya Pak Presiden apa yang dibicarakan pasti dilaksanakan, salah satu ini, rumah buat homestay," sebut Gubernur.

Saat ini, lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, baru 32 unit homestay dari target sebanyak 300 unit di wilayah ini yang dibangun.

"Harapannya supaya masyarakat bisa menikmati secara langsung pariwisata kalau ada homestay, dan keberadaannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar tempat wisata. Jadi torang dorong pertama torang perbaiki semua rumah-rumah yang ada di Bunaken ini supaya paling tidak ada dua kamar, bisa digukanan untuk sewa ketika turis-turis datang ke Sulut," lanjutnya.

Pada pekan lalu, dirinya sudah menandatangani surat dibukanya Taman Nasional Bunaken untuk wisatawan dan suratnya sudah dikirimkan ke kepala Balai Taman Nasional Bunaken.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bunaken sulut

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top