Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Sulsel Mendukung Geopark Maros Pangkep Masuk UNESCO

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mendukung penuh Geopark Maros Pangkep masuk UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu destinasi wisata yang akan diakui di mata dunia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  21:41 WIB
Geopark Maros Pangkep - Antara
Geopark Maros Pangkep - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mendukung penuh Geopark Maros Pangkep masuk UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu destinasi wisata yang akan diakui di mata dunia.

Menurut Nurdin Abdullah di Makassar, Senin, Geopark Maros Pangkep sudah memenuhi standar untuk masuk UNESCO, tetapi harus dibarengi dengan konsistensi dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya.

"Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita mengubah fungsinya. Silahkan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya)," kata Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur bisa dilakukan secara berkesinambungan namun tetap memperhatikan dan menjaga keaslian situs budaya tersebut sebagai bagian dari kearifan lokalnya.

"Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasi-destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi merubah fungsi," tegasnya.

Menurut dia, langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni menyayangi alam dengan segala upaya dan paling penting Geopark Maros Pangkep ini juga untuk mendorong kesejahteraan masyarakat setempat.

"Makanya saya sering mengatakan bahwa kalau mau disayangi oleh alam kita harus lebih menyayangi alam itu, makanya alam ini kita harus muliakan," ujarnya.

Sementara itu, Jendral Maneger Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan mengemukakan bahwa arahan Gubernur Sulsel sangat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi badan pengelola Geopark Maros Pangkep untuk diajukan sebagai situs budaya UNESCO.

Dedi berharap, Geopark Maros Pangkep ini bisa segera dijadikan pariwisata dunia. "Saya kira target kita adalah bagaimana kemudian Geopark Maros Pangkep ini bisa di terima sebagai bagian dari Geopark Global eksport. Mudah-mudahan tahun depan akan ada prosas asesmen," harapnya.

Meski demikian, Geopark Maros Pangkep akan terlebih dahulu dilakukan pembangunan infrastruktur yang mendukung kawasan tersebut sebagai kawasan wisata dunia.

"Tapi tentu ada pembenahan yang akan kita lakukan terkait infrastruktur di dalam kawasan, kemudian informasi-informasi terkait Geopark Maros Pangkep itu sendiri, secara sosialisasi maupun di media. Saya kira itu poinnya dan Pak Gubernur memberikan dukungan terhadap Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulawesi selatan

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top