Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Objek Wisata Kepulauan Togean Dibuka Kembali Pertengahan Agustus

BTNKT sedang menyusun berbagai kebijakan adaptasi baru Covid-19 yang nantinya menjadi pedoman bagi setiap wisatawan berkunjung.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  13:33 WIB
Pulau Papan, salah satu destinasi wisata andalan Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, yang berada di Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulteng. - ANTARA/Muhammad Arsyandi
Pulau Papan, salah satu destinasi wisata andalan Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, yang berada di Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulteng. - ANTARA/Muhammad Arsyandi

Bisnis.com, PALU — Pengoperasian kembali tujuan wisata Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, direncanakan pada pertengahan Agustus 2020.

"Rencana kami seperti itu, sebagaimana usulan para pihak sebab banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika objek wisata ini beroperasi kembali," kata Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) Bustang saat dihubungi dari Palu, Minggu (19/7/2020).

Pihaknya sedang menyusun berbagai kebijakan adaptasi baru  Covid-19 yang nantinya menjadi pedoman bagi setiap wisatawan berkunjung di kawasan taman nasional.

Destinasi wisata Kepulauan Togean berskala internasional sehingga dipandang perlu disusun kebijakan yang ketat agar wisatawan berkunjung betul-betul terbebas dari virus corona.

"Kami tidak ingin gegabah. Oleh karena itu, perencanaan ini harus dipertimbangkan sematang mungkin agar pengunjung dan masyarakat setempat aman," ujar Bustang.

Dia menjelaskan bahwa sejumlah objek wisata di Kabupaten Tojo Unauna sudah mulai dibuka kembali berdasarkan surat edaran bupati setempat termasuk objek wisata di darat. Kunjungan baru dibolehkan untuk wisatawan lokal.

Destinasi taman nasional yang menjadi wilayah pengawasan TNKT hingga kini belum beraktivitas, sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang menyebutkan bahwa jika objek wisata di kawasan lindung dibuka kembali, perlu dipersiapkan prosedur kunjungan sesuai protokoler kesehatan, sebab kondisi dalam negeri belum kondusif dari wabah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palu Festival Togean

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top