Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Solidaritas Akademisi Sulsel Lawan Covid-19

Sejumlah akademisi dari berbagai kampus di Makassar bersatu melakukan aksi solidaritas sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  20:26 WIB
Petugas pemadam kebakaran Kota Makassar dan tim relawan Fakultas Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Gereja Katedral - Paulus Tandi Bone
Petugas pemadam kebakaran Kota Makassar dan tim relawan Fakultas Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Gereja Katedral - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Sejumlah akademisi dari berbagai kampus di Makassar bersatu melakukan aksi solidaritas sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Akademisi Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam Tim Satgas Covid-19 Unhas melakukan aksi penggalangan dana.

Awalnya, penggalangan dana tersebut dilakukan dalam lingkup sivitas akademik Unhas. Namun, dalam perkembangannya, banyak menarik perhatian masyarakat luas untuk berpartisipasi.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah mengatakan, saat ini jumlah bantuan yang diterima dari masyarakat mencapai angka sekitar Rp1,6 miliar dalam bentuk dana. Belum termasuk dalam bentuk material.

"Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk melengkapi alat medis dalam menangani pasien Covid-19. Misalnya alat pelindung diri (APD) sebanyak 480 unit, masker jenis N95 yang merupakan standar operasi sebanyak 500 buah, kaca mata atau googles dan sarung tangan sebanyak 80 buah," jelas Suharman, Sabtu (28/3/2020).

Sementara itu Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar sejak beberapa hari melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan, pemberian Alat Pelindung Diri (APD) dan asupan gizi untuk delapan Puskesmas, kantor, dan tiga rumah sakit di Makassar.

Dalam aksinya, FTI UMI menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar dan Polsek Panakukang. Dekan FTI UMI Sakir Zabara mengatakan hingga hari ini, sudah ada 51 tempat yang dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh tim relawan, termasuk masjid, gereja, dan kelenteng selain kantor, rumah sakit dan puskesmas yang menjadi fokus utama sasaran tim relawan.

"Tim yang turun ke lapangan juga membagikan hand sanitizer, masker, dan paket makanan untuk puskesmas, kantor, dan sejumlah rumah sakit," papar Zakir.

Zakir berharap, kegiatan tersebut bisa terus berjalan demi memberikan support kepada tim medis yang selalu berada di garda terdepan dalam melawan Covid-19. Hingga saat ini FTI UMI sudah membagikan sekitar 5.000 masker dan 618 botol hand sanitizer yang diprioritaskan untuk tim medis. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top