Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Infrastruktur, Gorontalo Didorong Cari Pendanaan Alternatif

Gorontalo didorong mencari pendanaan alternatif untuk membiayai pembangunan infrastruktur.
Gorontalo Outer Ring Road/Twitter
Gorontalo Outer Ring Road/Twitter

Bisnis.com,MANADO - Pemerintah pusat dan daerah mendorong pengembangan sektor riil dan pembangunan infrastruktur di Provinsi Gorontalo menggunakan sumber pendanaan alternatif.

Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sujanto menjelaskan bahwa Gorontalo merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Wilayah itu, menurut Sujanto, memiliki letak geografis yang strategis sebagai sentra perdagangan.

“Pemerintah pusat menilai Provinsi Gorontalo merupakan salah satu punggung penggerak roda ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan di kawasan timur Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (25/2/2020).

Dengan kondisi itu, Sujanto menyebut OJK, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah menginginkan agar potensi itu dapat terus dikembangkan. Khususnya, ujar Sujanto, di sektor riil dan pengembangan infrastruktur.

Salah satu cara pengembangan potensi, lanjut dia, yakni dengan meningkatkan akses pembiayaan dari perusahaan-perusahaan daerah di Gorontalo kepada sumber pendanaan alternatif. Salah satunya melalui produk investasi di pasar modal.

Sujanto menjelaskan bahwa total pembiayaan melalui produk-produk investasi seperti reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), dana investasi real estate (DIRE), efek beragun aset (EBA), dan dana investasi fnfrastruktur (Dinfra) terus meningkat. Tercatat, terjadi peningkatan total nilai produk pembiayaan sebesar 56 persen dari Rp28,89 triliun pada 2015 menjadi Rp52,47 triliun awal tahun ini.

“Dari keempat jenis produk investasi, RDPT menjadi produk investasi yang melakukan pembiayaan sektor riil dan infrastruktur terbesar yakni Rp27,43 triliun, disusul DIRE Rp11,34 triliun,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba menjelaskan bahwa anggaran pemerintah terbatas untuk membangun seluruh sektor. Oleh karena itu, diperlukan terobosan baru yang dapat menarik seluruh potensi yang ada baik pemerintah maupun masyarakat untuk ikut berinvestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper