Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Sirkulasi Eddy, Ini Peringatan Dini BMKG Cuaca Sulut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sulawesi Utara memberikan peringatan dini untuk cuaca periode 3 Januari 2020 hingga 5 Januari 2020 di sebagian wilayah Bumi Nyiur Melambai.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 03 Januari 2020  |  12:50 WIB
Kawasan Boulevard di Manado Sulawesi Utara - Indonesia.Travel
Kawasan Boulevard di Manado Sulawesi Utara - Indonesia.Travel

Bisnis.com, MANADO — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sulawesi Utara memberikan peringatan dini untuk cuaca periode 3 Januari 2020 hingga 5 Januari 2020 di sebagian wilayah Bumi Nyiur Melambai.

Muh Nur Hadi, Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sam Ratulangi Manado mengatakan adanya peringatan dini cuaca 3 Januari 2020 sampai 5 Januari 2020. Kondisi itu menurutnya akibat sirkulasi Eddy di Teluk Tomini dan Laut Banda. 

Sirkulasi Eddy, lanjut dia, menyebabkan terjadinya konvergensi atau penumpukan angin di Laut Sulawesi dan shearline atau belokan angin di wilayah Sulawesi Utara.

“Sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulut,” jelasnya, Jumat (3/2/2020).

Secara detail, Nur Hadi menyebut hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Minahasa, Dan Minahasa Utara pada 3 Januari 2020.

Selanjutnya, hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Kotamobagu, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, dan Bolmong Timur pada 4 Januari 2020. 

Adapun, hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kotamobagu, Minahasa Selatan, Bolmong Selatan, dan Bolmong pada 5 Januari 2020.

Peringatan gelombang tinggi juga dikeluarkan untuk 4 Januari 2020—5 Januari 2020. BMKG Sulut menyebut gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter atau moderate sea berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, Perairan Utara Sulawesi, Perairan Selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku Bagian Selatan.

Sementara itu, gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4,0 meter atau rough sea berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung—Likupang, dan Laut Maluku Bagian Utara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG sulut Cuaca Indonesia
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top